Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 06:44 WIB | Rabu, 18 Desember 2013

WCC Serukan Sudan Selatan Teladani Mandela Pasca-Percobaan Kudeta

Kehidupan pedesaaan di Sudan Selatan. (Foto: wikipedia)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Moderator Komite Sentral yang baru terpilih Dewan Gereja Dunia (WCC) telah meminta pemerintah Sudan Selatan untuk memiliki “momen Mandela” karena menghadapkan setelah upaya kudeta pada Senin (16/12).

Berbicara dari Jenewa, di markas WCC, untuk pertemuan akhir pekan dan untuk menghadiri acara “Mengenang Mandela”, Dr Agnes Abuom, seorang Kenya, mengatakan “ini benar-benar momen Mandela” untuk Sudan Selatan.

“Saat kita telah melepas Mandela untuk beristirahat selamanya dan kita merayakan hidupnya yang mengajarkan kita arti pengampunan dan rekonsiliasi, keadilan, kebebasan, kapasitas untuk menjadi puas dan menjadi inklusif: ini benar-benar menjadi pelajaran bagi Sudan Selatan”, katanya.

Sekretaris Umum WCC Rev Dr Olav Fykse Tveit telah mengirim surat kepada Presiden Sudan Selatan Salva Kiir Mayardit, mengungkapkan keprihatinan yang mendalam bagi masyarakat Sudan Selatan. Dia menulis sebagian, “Orang-orang Sudan Selatan telah menderita selama beberapa dekade dan sekarang merindukan perdamaian dan keadilan. Kami berdoa agar situasi dengan cepat akan normal dan perdamaian yang akan menang lagi segera.”

Menurut laporan berita, Presiden Sudan Selatan Salva Kiir mengumumkan Senin (16/12) bahwa upaya kudeta oleh tentara yang setia kepada mantan wakil Presiden, Riek Machar, telah dipatahkan. Machar dan mereka yang terlibat tampaknya telah melarikan diri ke Lembaga Misi PBB di ibukota Juba.

Perjuangan terlihat untuk mencerminkan kekhawatiran yang muncul dan perbedaan antara kelompok-kelompok etnis di Sudan.

Abuom menekankan kepedulian terhadap gereja-gereja di Sudan Selatan yang melalui Sudan Dewan Gereja-gereja dan WCC terlibat jauh dalam mencapai kesepakatan damai antara Sudan dan Sudan Selatan, dan dalam membantu untuk memfasilitasi pembentukan Sudan Selatan sebagai negara termuda di dunia.

Dia mengatakan gereja di sana telah menanggapi dan menyerukan tenang. Dia menambahkan bahwa Sudan Selatan, sebagai negara muda, “membutuhkan banyak kebebasan bagi ungkapan-ungkapan berbeda berkaitan untuk multi-budaya, multi-agama komposisi multi-etnis.”

“Sangat disayangkan bahwa telah terjadi upaya kudeta, dan kita ingin mengatakan kepada orang-orang bahwa tidak ada ruang lagi di Afrika untuk pemberontakan bersenjata,” katanya. “Kami percaya pada dialog, dengan kekuatan suara dan pemilihan untuk mengubah kepemimpinan damai dan transit dari satu kepemimpinan ke yang lain.”

Menggemakan komentar Abuom itu, Sekum WCC Rev Dr Olav Fykse Tveit juga meminta pemerintah Sudan Selatan untuk menjangkau semua di dalam negeri dengan cara yang mencerminkan cita-cita tertinggi Mandela.

“Mandela telah membantu kita melihat yang terburuk dan terbaik dalam kemanusiaan,” kata Tveit, ulangan komentarnya dari memorial Mandela diadakan di Ecumenical Centre Senin 16 Desember. “Dia membantu kami untuk bersikap realistis, bahkan lebih penting, ia membantu kami percaya pada satu kemanusiaan dan cinta yang satu kemanusiaan.”

Tveit bertemu dengan Kiir pada April 2013, ketika Kiir mengatakan “Setelah kemerdekaan Sudan Selatan, itu adalah gereja-gereja yang memiliki kemampuan untuk membawa orang bersama-sama dan membantu membangun kembali negara itu.”

“Sudan Selatan adalah sebuah negara di mana semua komunitas agama, termasuk Kristen, dapat bekerja dengan bebas, dan kontribusi mereka untuk kemajuan sosial, terlepas dari asosiasi keagamaan mereka, disambut,” kata Kiir Tveit.

“Sudan Selatan butuhkan sekarang, dan itu disebut, untuk mengembangkan budaya demokrasi yang mendukung pendapat yang berbeda bahkan ketika mereka tidak sesuai dengan pemimpin. Karena itu adalah demokrasi,” kata Abuom.

Negara Termuda

Sudan Selatan—secara resmi bernama Republik Sudan Selatan—adalah sebuah negara di Afrika Timur. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Juba, terletak di negara bagian Khatulistiwa Tengah sebelah selatan. Negara terkurung daratan ini berbatasan dengan Ethiopia di sebelah timur; Kenya, Uganda, dan Republik Demokratik Kongo di sebelah selatan; Republik Afrika Tengah di sebelah barat; dan Sudan di sebelah utara. Sudan Selatan meliputi kawasan rawa yang luas, Sudd, yang dibentuk oleh Nil Putih, secara lokal disebut Bahrul Jabal.

Negara ini awalnya merupakan bagian dari Sudan Anglo-Mesir, kondominium Britania dan Mesir, dan kemudian menjadi bagian dari Republik Sudan ketika mencapai kemerdekaan pada 1956. Setelah Perang Saudara Sudan Pertama, Wilayah Otonomi Sudan bagian Selatan dibentuk pada 1972 dan berlangsung sampai dengan 1983. Kemudian terjadi Perang Saudara Sudan Kedua yang berakhir dengan Perjanjian Damai Komprehensif 2005. Selanjutnya pada tahun itu, otonomi selatan dikembalikan ketika Pemerintah Otonomi Sudan bagian Selatan dibentuk. Sudan Selatan menjadi sebuah negara merdeka pada 9 Juli 2011 tengah malam (00:00) waktu setempat setelah referendum yang diselenggarakan pada Januari 2011 menghasilkan sekitar 99% pemilih memilih untuk memisahkan diri dari Sudan.

Pada 14 Juli 2011, Sudan Selatan menjadi negara anggota PBB. Negara ini juga merupakan anggota Uni Afrika. Sudan Selatan juga telah mendaftarkan diri untuk bergabung dengan Persemakmuran, Komunitas Afrika Timur, Dana Moneter Internasional, dan Bank Dunia. Negara ini juga dinyatakan dapat mendaftarkan diri untuk keanggotaan Liga Arab.

Pada 18 Desember 2012 dalam laporan tentang agama dan kehidupan publik yang dilakukan Pew Research Center dinyatakan bahwa 60,5% penduduk Sudan Selatan adalah Kristen, 32,9% adalah penganut agama tradisional Afrika dan 6,2% adalah Muslim. (Oikoumene.org/wikipedia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home