Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:02 WIB | Senin, 27 Juni 2022

WHO: Cacar Monyet Perlu Dipantau, Tapi Bukan Darurat Kesehatan Global

Foto tahun 1997 ini disediakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menunjukkan lengan kanan dan dada seorang pasien, yang kulitnya menunjukkan sejumlah lesi karena kasus cacar monyet yang aktif. (Foto: dok. CDC via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa wabah cacar monyet yang meningkat di lebih dari 50 negara harus dipantau secara ketat tetapi tidak menjamin dinyatakan sebagai darurat kesehatan global.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (25/6), komite darurat WHO mengatakan banyak aspek wabah itu "tidak biasa" dan mengakui bahwa cacar monyet, yang endemik di beberapa negara Afrika, telah diabaikan selama bertahun-tahun.

"Sementara beberapa anggota menyatakan pandangan yang berbeda, komite memutuskan dengan konsensus untuk memberi tahu direktur jenderal WHO bahwa pada tahap ini wabah harus ditentukan bukan merupakan" keadaan darurat kesehatan global, kata WHO dalam sebuah pernyataan.

WHO tetap menunjuk pada “sifat darurat” dari wabah dan mengatakan mengendalikan penyebarannya membutuhkan tanggapan “intens”.

Komite mengatakan wabah itu harus "dimonitor dan ditinjau secara ketat setelah beberapa pekan." Tetapi akan merekomendasikan penilaian ulang sebelum itu jika perkembangan baru tertentu muncul, seperti kasus di antara pekerja seks; menyebar ke negara lain atau di dalam negara yang sudah memiliki kasus; peningkatan keparahan kasus; atau tingkat penyebaran yang meningkat.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreysus, mengadakan komite darurat pada hari Kamis setelah menyatakan keprihatinan tentang epidemi cacar monyet di negara-negara yang sebelumnya tidak melaporkan penyakit tersebut.

“Apa yang membuat wabah saat ini terutama mengkhawatirkan adalah penyebaran yang cepat dan terus-menerus ke negara dan wilayah baru dan risiko penularan lebih lanjut dan berkelanjutan ke populasi yang rentan termasuk orang-orang yang kekebalannya terganggu, perempuan hamil dan anak-anak,” kata kepala WHO.

Cacar monyet telah membuat orang sakit selama beberapa dekade di Afrika tengah dan barat, tetapi sampai bulan lalu, penyakit tersebut belum diketahui menyebabkan wabah yang signifikan di beberapa negara pada saat yang sama dan melibatkan orang-orang yang tidak memiliki hubungan perjalanan ke benua tersebut.

Mendeklarasikan darurat kesehatan global berarti bahwa krisis kesehatan adalah peristiwa “luar biasa” yang membutuhkan respons yang dikelola secara global dan bahwa suatu penyakit berisiko tinggi menyebar ke seluruh perbatasan. WHO sebelumnya membuat pernyataan serupa untuk penyakit, termasuk COVID-19, Ebola di Kongo dan Afrika Barat, Zika di Brasil dan upaya berkelanjutan untuk menghapus polio.

Deklarasi darurat sebagian besar berfungsi sebagai permohonan untuk menarik lebih banyak sumber daya global dan perhatian terhadap wabah. Pengumuman sebelumnya memiliki dampak yang beragam, mengingat WHO sebagian besar tidak berdaya ketika mencoba meyakinkan negara untuk bertindak.

Pekan ini, WHO mengatakan, ini telah mengkonfirmasi lebih dari 3.200 infeksi cacar monyet di sekitar 40 negara yang sebelumnya tidak melaporkan penyakit tersebut. Sebagian besar kasus terjadi pada pria gay, biseksual atau berhubungan seks dengan pria lain dan lebih dari 80% kasus terjadi di Eropa.

Seorang penasihat WHO terkemuka mengatakan bulan lalu lonjakan kasus di Eropa kemungkinan terkait dengan aktivitas seksual oleh pria di dua pesta di Spanyol dan Belgia, berspekulasi bahwa kemunculannya di komunitas gay dan biseksual adalah "peristiwa acak." 

Pejabat Inggris mengatakan sebagian besar kasus di Inggris melibatkan pria yang melaporkan berhubungan seks dengan pria lain di tempat-tempat seperti sauna dan klub seks.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa siapa pun yang dekat, kontak fisik dengan seseorang yang terinfeksi cacar monyet atau pakaian atau seprai mereka berisiko tertular penyakit, terlepas dari orientasi seksual mereka.

Orang dengan cacar monyet sering mengalami gejala seperti demam, nyeri tubuh dan ruam; sebagian besar sembuh dalam beberapa minggu tanpa memerlukan perawatan medis.

Cacar monyet di Afrika sebagian besar menyerang orang yang melakukan kontak dengan hewan liar yang terinfeksi, seperti hewan pengerat atau primata. Ada sekitar 1.500 kasus cacar monyet yang dilaporkan, termasuk 70 kematian, di Kongo, Kamerun dan Republik Afrika Tengah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home