Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Kamis, 05 Agustus 2021

WHO Serukan Moratorium Booster Vaksin COVID-19

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: dok. AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu (4/8) menyerukan moratorium pemberian suntikan booster vaksin COVID-19. Ini sebagai cara untuk membantu memastikan bahwa dosis tersedia di negara-negara di mana hanya sedikit orang yang menerima suntikan pertama mereka.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengimbau negara-negara kaya yang telah jauh melampaui negara berkembang dalam hal jumlah vaksinasi. Dia mengatakan negara-negara kaya rata-rata telah memberikan sekitar 100 dosis vaksin virus corona untuk setiap 100 orang. Sementara negara-negara berpenghasilan rendah, terhambat oleh pasokan yang terbatas, hanya menyediakan sekitar 1,5 dosis per 100 orang.

Pejabat WHO mengatakan sains belum terbukti tentang apakah memberikan suntikan penguat (booster) kepada orang yang telah menerima dua dosis vaksin efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.

Badan kesehatan PBB telah berulang kali menyerukan negara-negara kaya untuk berbuat lebih banyak untuk membantu meningkatkan akses ke vaksin di negara berkembang.

Dikatakan bahwa tidak ada yang aman sampai semua orang aman, karena semakin lama dan semakin luas virus corona beredar, semakin besar kemungkinan varian baru dapat muncul, dan memperpanjang krisis global dalam memerangi pandemi.

Badan tersebut tidak memiliki kekuatan untuk meminta negara-negara untuk bertindak, dan banyak di masa lalu telah mengabaikan seruannya pada isu-isu seperti menyumbangkan vaksin, membatasi perjalanan lintas batas dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan produksi vaksin di negara-negara berkembang.

Tedros menunjuk pada target WHO yang telah dia umumkan pada bulan Mei untuk memastikan bahwa 10% dari populasi di semua negara menerima vaksin untuk melawan virus corona.

“Oleh karena itu, WHO menyerukan moratorium booster hingga setidaknya akhir September untuk memungkinkan setidaknya 10% dari populasi setiap negara divaksinasi,” katanya dalam konferensi pers.

Untuk membantu mengatasi pandemi, WHO telah berfokus untuk memberikan vaksin kepada orang dewasa yang lebih tua, petugas kesehatan dan populasi target lainnya di banyak negara sebelum kampanyesuntikan booster dilakukan.

Fokus pada Yang Paling Rentan

Dr. Bruce Aylward, penasihat khusus untuk Tedros, mengatakan moratorium adalah tentang seruan kepada negara-negara yang mempertimbangkan dosis booster untuk “menahan” kebijakan tersebut “dilakukan dan kecuali kita membuat seluruh dunia terjebak” dalam perang melawan pandemi.

”Seperti yang kita lihat dari munculnya varian demi varian, kita tidak bisa keluar darinya kecuali seluruh dunia keluar darinya bersama-sama. Dan dengan perbedaan besar dalam cakupan vaksinasi, kami tidak akan bisa mencapainya,” kata Aylward.

Israel, Prancis, Jerman dan banyak negara Timur Tengah sudah mulai memberikan booster, dan negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, sedang mempertimbangkan rencana untuk melakukannya setelah munculnya varian delta yang sangat menular.

Dr. Katherine O'Brien, kepala vaksin WHO, mencatat bahwa "sejumlah kecil" negara memberikan dosis booster meskipun sejumlah besar sedang mempertimbangkannya.

“Buktinya berkembang. Ini bergerak. Kami tidak memiliki bukti lengkap tentang apakah ini diperlukan atau tidak," kata O'Brien, menambahkan bahwa pesan utamanya adalah bahwa "kita perlu fokus pada orang-orang yang paling rentan."

Respons Amerika Serikat

Ditanya tentang posisi WHO, sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki, menyebutnya sebagai “pilihan yang salah” dan menyarankan Amerika Serikat dapat menyumbangkan vaksin di luar negeri dan menyediakan booster di dalam negeri.

“Kami baru saja mengumumkan kemarin bahwa kami mencapai tonggak penting lebih dari 110 juta vaksin yang disumbangkan ke dunia. Itu lebih dari gabungan negara lain mana pun,” katanya. “Kami juga, di negara ini, memiliki persediaan yang cukup, untuk memastikan bahwa setiap orang Amerika memiliki akses ke vaksin. Kami akan memiliki cukup pasokan untuk memastikan, jika FDA memutuskan bahwa booster direkomendasikan untuk sebagian populasi, akan menyediakannya juga.”

Pejabat WHO mengulangi seruan mereka untuk “solidaritas” global untuk membantu memerangi pandemi virus corona dan mengimbau negara-negara kaya dan perusahaan untuk membantu.

“Kami membutuhkan kerja sama semua orang, terutama beberapa negara dan perusahaan yang mengendalikan pasokan vaksin global,” kata Tedros, yang secara khusus menarik perhatian Kelompok 20 ekonomi besar yang berpengaruh.

“G-20 memiliki peran kepemimpinan yang vital untuk dimainkan sebagai negara-negara yang merupakan produsen terbesar, konsumen terbesar, dan donor terbesar vaksin COVID-19.” Dia mendesak G-20, yang saat ini diketuai oleh Italia, untuk membuat “komitmen konkret untuk mendukung target vaksinasi global.”

"Kami menyerukan kepada semua orang yang berpengaruh, atlet Olimpiade, investor, pemimpin bisnis, pemimpin agama dan setiap individu dalam keluarga dan komunitas mereka sendiri, untuk mendukung seruan kami untuk moratorium suntikan booster hingga setidaknya akhir September," kata Tedros. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home