Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Jumat, 22 Oktober 2021

Wisata Baru di Hong Kong: Tur untuk Tidur di Bus

Wisata Baru di Hong Kong: Tur untuk Tidur di Bus
Penumpang tidur di dek atas bus tingkat di Hong Kong, Sabtu, 16 Oktober 2021. (Foto-foto: AP/Kin Cheung)
Wisata Baru di Hong Kong: Tur untuk Tidur di Bus
Penumpang beristirahat di dek atas bus tingkat di Hong Kong, Sabtu, 16 Oktober 2021.
Wisata Baru di Hong Kong: Tur untuk Tidur di Bus
Sebuah bus bertingkat melintas di jalan tepi laut dekat bandara di Hong Kong, Sabtu, 16 Oktober 2021.

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Penduduk Hong Kong yang haus kegiatan perjalanan dan kurang tidur mungkin menganggap tur bus Hong Kong baru sebagai pilihan.

Perjalanan sepanjang 76 kilometer, selama lima jam dengan bus tingkat reguler di sekitar wilayah itu dimaksudkan untuk menarik orang-orang yang mudah terbuai tidur dalam perjalanan panjang. Itu terinspirasi oleh kecenderungan para komuter yang lelah dan tertidur di angkutan umum.

“Ketika kami sedang melakukan brainstorming tur baru, saya melihat postingan media sosial dari teman saya yang mengatakan bahwa dia stres dengan pekerjaannya, dia tidak bisa tidur di malam hari,” kata Kenneth Kong, manajer pemasaran dan pengembangan bisnis Ulu Travel, penyelenggara bus wisata.

“Tapi ketika dia bepergian dengan bus, dia bisa tidur nyenyak. Postingannya menginspirasi kami untuk membuat tur ini yang memungkinkan penumpang hanya tidur di bus.”

Tiket berharga antara HK$ 13 hingga HK$ 51 per orang, bergantung pada apakah mereka memilih kursi di dek atas atau bawah. Goodie bag untuk penumpang termasuk penutup mata dan penutup telinga untuk tidur yang lebih nyenyak.

“Sleeping Bus Tour” pertama pada hari Sabtu lalu terjual habis seluruhnya. Beberapa penumpang datang dengan persiapan, membawa selimut sendiri dan mengganti sepatu mereka dengan sandal, sementara yang lain membawa bantal perjalanan.

“Saya menderita insomnia, jadi saya di sini untuk mencoba tidur,” kata Anson Kong, 25 tahun, salah satu penumpang dalam tur bus pertama.

Dia mengatakan bahwa tur itu ide yang bagus dan "lebih menarik" dari yang dia harapkan.

Pada tur hari Sabtu, bus berhenti sehingga penumpang dapat mengambil foto di tempat-tempat indah di Pulau Lantau kota. Salah satunya adalah area perawatan pesawat di dekat bandara Hong Kong, di mana penumpang dapat berfoto selfie dengan latar belakang pesawat.

Penumpang lain, Marco Yung, mengatakan bahwa dia bergabung dengan tur itu karena dia biasanya tertidur dalam perjalanan bus jarak jauh, dengan mengatakan bahwa ini adalah “kesempatan besar” untuk tidur.

Kecenderungan untuk tertidur di angkutan umum adalah sejenis pengkondisian, menurut Dr. Shirley Li, peneliti utama dari Sleep Research Clinic and Laboratory di University of Hong Kong.

“Orang-orang di Hong Kong tidak punya cukup waktu untuk tidur,” kata Li. “Itulah mengapa kita harus menggunakan waktu lain untuk tidur, yang merupakan perjalanan sehari-hari kita, terutama ketika kita bepergian dengan transportasi umum.”

“Bagi sebagian orang, mereka mungkin cenderung mengasosiasikan transportasi umum dengan tidur mereka. Dan itulah mengapa mereka lebih mudah tertidur di bus,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home