Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 06:54 WIB | Senin, 18 Desember 2023

Yopi, Mahasiswa UK Maranatha Raih Predikat Duta Intelegensia

Yopi (kiri) pada pagelaran Pasanggiri Mojang dan Jajaka Kabupaten Bandung 2023.

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Yopy Fahmi Hakim (2387009), mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen (UK) Maranatha ditetapkan sebagai Duta Intelegensia pada pagelaran Pasanggiri Mojang dan Jajaka Kabupaten Bandung 2023.

Yopy mengaku sangat senang dan bangga setelah berhasil memenangkan predikat Jajaka Intelegensia.

“Prestasi itu merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi yang telah saya berikan. Yang terpenting adalah tetap rendah hati dan menjadi bermanfaat. Sekali menjabat, tetapi selamanya menginspirasi,” kata Yopi dikutip Senin (18/12).

Sebagai Jajaka Intelegensia Kabupaten Bandung, Yopy memiliki tanggung jawab untuk menjadi pemuda panutan masyarakat.

Para Mojang dan Jajaka (MOKA) Kabupaten Bandung memiliki visi agar keberadaan mereka dapat diterima kebermanfaatannya. “Sebagai contoh, kami memiliki advokasi MOKA peduli. Kami memberikan sumbangan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta berkontribusi pada kegiatan pemberdayaan pemuda dan kegiatan sosial masyarakat,” ungkap Yopy.

Sebelumnya, para peserta, termasuk Yopy harus mengikuti seleksi hingga babak grand final. Selama kompetisi, Yopy mengaku menemui berbagai tantangan. Harus menjalani proses penilaian ketat, mengikuti karantina pada 14-16 November 2023, dan berpartisipasi dalam acara amal.

“Dengan semangat kompetisi, saya berinteraksi dengan kontestan lain, memperluas jaringan sosial, dan mengembangkan kepercayaan diri,” tutur Yopy.

Ia juga mengatakan bahwa semua momen yang dilalui telah membangun pengalaman tidak terlupakan dalam perjalanan menuju gelar Jajaka Intelegensia Kabupaten Bandung.

“Saya sangat menikmati proses kompetisi di tengah kewajiban sebagai mahasiswa. Saya harus pandai membagi waktu yang kadang kali bertabrakan,” ungkap Yopy. 

Sebagai mahasiswa Program Sarjana Ilmu Hukum (Business Law) UK Maranatha, Yopy merasa lebih menyadari hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Menurutnya, hal tersebut sangat membantu dalam menjalani tugasnya yang berkaitan dengan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pariwisata.

“Dengan pemahaman saya akan potensi budaya dan pariwisata Kabupaten Bandung, saya siap menjadi juru bicara atau role model mewakili Paguyuban Mojang Jajaka untuk memperkenalkannya pada khalayak. Saya percaya, dengan pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni, saya bisa menjadi pemuda kreatif dan berbudaya,” kata Yopy.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home