Loading...
SAINS
Penulis: Melki 04:13 WIB | Minggu, 26 November 2023

UK Maranatha dan Bosch Rexroth Sukses Gelar HaXathon Competition

Foto: dok. Medkom Maranatha dan Program Sarjana Teknik Elektro

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM- Program Sarjana Teknik Elektro Universitas Kristen (UK) Maranatha bersama dengan Bosch Rexroth menggelar HaXathon Competition dengan mengangkat tema “Automation and Industrial Internet of Things”.

Kompetisi ini merupakan lomba pemograman yang bertujuan untuk memecahkan suatu kasus dengan membuat suatu sistem automatisasi.

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan kepada anak-anak bangsa Indonesia, khususnya di bidang teknologi komunikasi sehingga mereka dapat terjun ke dunia automasi teknologi.

Peserta dari lomba tersebut terdiri dari 20 tim SMA dan 19 tim perguruan tinggi.

Perwakilan Bosch Rexroth, Malianto Subekti Adnan, dalam sambutannya berterima kasih kepada UK Maranatha.

“Terima kasih kepada UK Maranatha untuk kerja sama yang telah terjalin sehingga lomba ini dapat terselenggara dengan baik. Ini merupakan salah satu wadah untuk kami menyebarluaskan pengetahuan seputar teknologi,” ungkapnya dikutip Minggu (26/11).

Sementara itu Ketua Pelaksana HaXathon Competition, Dr. Erwani Merry Sartika, S.T., M.T. mengungkapkan bahwa dengan dilaksanakan kompetisi ini, para peserta akan mendapatkan skill dan pengalaman yang baru. “Dengan mengikuti kompetisi ini, para peserta akan mendapatkan skill yang baru. Meskipun ada (peserta) yang belum pernah belajar mengenai programming, setidaknya mereka mendapatkan pengalaman yang berkesan,” tutur Erwani.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang dari kedua kategori. Juara I atau Champion dari tingkat universitas adalah Tim Transmitters – Swiss German University; 1st Runner Up, Tim Dorpendo – Universitas Kristen Maranatha; 2nd Runner Up, Tim Arek Cidro – Universitas Siliwangi; 3rd Runner Up, Tim Automasters – Institut Teknologi Nasional Bandung; 4th Runner Up, Tim UMN – Universitas Multimedia Nusantara; 5th Runner Up, Tim Akcaya – Universitas Lampung.

Pada tingkat SMA, gelar Champion diraih oleh Tim Otomasi Industri – SMK Negeri 1 Cimahi; 1st Runner Up, Tim Serviam Junior – SMA Santa Angela Bandung; 2nd Runner Up, Bintang Mulia Tim A – SMA Bintang Mulia; 3rd Runner Up, Tim Serviam Junior – SMA Santa Angela Bandung; 4th Runner Up, Tim E-ROM 1 SMK Negeri 4 Bandung; dan 5th Runner Up, Tim Genesis – SMA BPK Penabur Tasikmalaya.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan ini sukses digelar dengan terbagi menjadi dua periode pelaksanaan. Pertama, workshop pada 25 Oktober 2023 dan perlombaan pada tanggal 27-28 Oktober 2023. Workshop diadakan di Exhibition Hall, Gedung B, sedangkan kompetisi berlangsung di Laboratorium Komputer, Grha Widya Maranatha (GWM) lantai 9.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home