Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:27 WIB | Senin, 19 September 2022

Zelenskyy Janji Tidak Hentikan Serangan untuk Bebaskan Ukraina dari Rusia

Seorang prajurit Ukraina berdiri di ruang bawah tanah yang, menurut pihak berwenang Ukraina, digunakan sebagai sel penyiksaan selama pendudukan Rusia, di desa yang direbut kembali Kozacha Lopan, Ukraina, Sabtu, 17 September 2022. (Foto: AP/Leo Correa)

KIEV, SATUHARAPAN.COPresiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berjanji kepada negaranya tidak akan ada penghentian dalam serangan balasan yang telah merebut kembali kota-kota dari pasukan Rusia, ketika penembakan berlanjut pada hari Minggu (18/9) di bentangan luas Ukraina.

Zelenskyy menelusuri daftar kota yang telah direbut kembali oleh Ukraina dalam serangan kilatnya di timur laut.

“Mungkin sekarang bagi sebagian dari Anda tampaknya setelah serangkaian kemenangan, kami memiliki jeda tertentu,” katanya dalam pidato video malamnya. “Tapi ini bukan jeda. Ini adalah persiapan untuk seri berikutnya... Karena Ukraina harus bebas, semuanya.”

Komando militer Ukraina mengatakan pasukannya mengamankan tepi timur Sungai Oskil pada hari Sabtu. Sungai, yang mengalir ke selatan dari Rusia ke Ukraina, telah menjadi jeda alami di garis depan yang baru muncul sejak serangan balasan Kiev dimulai.

Ketika peluru Rusia menghantam kota-kota selama akhir pekan, kementerian pertahanan Inggris memperingatkan bahwa Moskow kemungkinan akan meningkatkan serangan terhadap sasaran sipil karena menderita kekalahan di medan perang.

“Dalam tujuh hari terakhir, Rusia telah meningkatkan penargetan infrastruktur sipil bahkan di mana mungkin tidak merasakan efek militer langsung,” kata kementerian itu dalam briefing online. “Ketika menghadapi kemunduran di garis depan, Rusia kemungkinan telah memperluas lokasi yang siap untuk diserang dalam upaya untuk secara langsung merusak moral rakyat dan pemerintah Ukraina.”

Rusia Serang Rumah Sakit

Kebakaran oleh serangan Rusia menewaskan empat petugas medis yang berusaha mengevakuasi rumah sakit jiwa di wilayah Kharkiv pada hari Sabtu, kata gubernur Oleh Syniehubov. Dua pasien terluka dalam serangan di Strelecha, katanya.

Penembakan semalam juga menghantam sebuah rumah sakit di Mykolaiv, pelabuhan Laut Hitam yang signifikan, kata gubernur regional Vitaliy Kim. Dan lima orang tewas selama sehari terakhir dalam serangan Rusia di wilayah Donetsk, salah satu dari dua wilayah Ukraina yang diakui Rusia sebagai negara berdaulat, kata gubernur Pavlo Kyrylenko.

Pasukan separatis yang menguasai sebagian besar Donetsk mengatakan penembakan Ukraina terhadap koloni tawanan perang di Olenivka menewaskan satu tahanan dan melukai empat orang. Lebih dari 50 tawanan perang dilaporkan tewas dalam serangan Juli di penjara Olenivka; pihak berwenang Rusia dan Ukraina saling menyalahkan.

Sebuah think tank yang berbasis di Washington, Institute for the Study of War, mengatakan pasukan Rusia di Donetsk terus melakukan “operasi yang tidak berarti” di desa-desa dan bukannya memperkuat garis depan.

Seorang utusan penting Vatikan dan rombongannya mendapat kecaman saat mereka mendistribusikan bantuan kemanusiaan di Ukraina, kata kantor berita Vatikan, Minggu (18/9), namun dilaporkan tidak ada yang cedera.

Insiden itu terjadi di dekat kota Zaporizhzhia pada hari Sabtu, dan memaksa Kardinal Almoner Vatikan Konrad Krajewski dan lainnya untuk berlindung.

“Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya tidak tahu harus lari ke mana. Karena tidak cukup untuk berlari, Anda harus tahu ke mana harus pergi,” kata kardinal kelahiran Polandia, yang kantornya memberikan sumbangan amal atas nama paus.

Penembakan di Reaktor Nuklir

Tiga orang terluka dalam penembakan malam hari di Nikopol, di seberang sungai dari pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, kata gubernur regional Valentyn Reznichenko. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia enam-reaktor ditangkap oleh pasukan Rusia pada bulan Maret, tetapi dioperasikan oleh para insinyur Ukraina. Reaktor terakhirnya dimatikan sepekan yang lalu setelah kegagalan daya berulang kali karena penembakan membahayakan sistem keselamatan penting.

Sementara itu, jaksa di Kharkiv menuduh Rusia menyiksa warga sipil di satu desa yang baru saja dibebaskan. Dalam sebuah pernyataan online, mereka mengatakan mereka menemukan ruang bawah tanah di mana pasukan Rusia diduga menyiksa tahanan di Kozacha Lopan, dekat perbatasan dengan Rusia.

Dalam gambar yang mereka rilis, mereka menunjukkan telepon TA-57 militer Rusia dengan kabel tambahan dan klip buaya yang terpasang padanya. Para pejabat Ukraina menuduh pasukan Rusia menggunakan telepon radio era Soviet sebagai sumber listrik untuk menyetrum para tahanan selama interogasi. Tidak segera mungkin untuk memverifikasi klaim Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home