Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:02 WIB | Minggu, 15 Februari 2015

Zidane Mengidolakan Guardiola

Pelatih Munchen Josep Guardiola. (Foto: fcbayern.telekom.de).

MADRID, SATUHARAPAN.COM – Pelatih  tim muda Real Madrid (Castilla) Zinedine Zidane mengaku mengidolakan mantan pemain dan pelatih Barcelona yang saat ini menjadi arsitek klub pemuncak Liga Jerman, Bayern  Munchen, Josep Guardiola.

"Guardiola adalah pelatih yang hebat. Saya suka mengamati cara dia bekerja. Dia menginspirasi saya," kata Zidane seperti tertuang di Mundo Deportivo, Sabtu (14/2).

Zidane yang sempat berkarir di Juventus  itu berbicara tentang perkembangan karirnya di dunia kepelatihan serta memuji mantan pelatih Barcelona itu.

"Jika Bayern menjadi tim terbaik hari ini, itu berkat Guardiola yang memberi mereka sentuhan yang pernah hilang," kata Zidane.

Guardiola mengawali karir sebagai pelatih pada 2007 dengan melatih tim cadangan Barcelona.  Pada 8 Mei 2008, Joan Laporta, presiden FC Barcelona mengumumkan bahwa Josep Guardiola  menggantikan Frank Rijkaard sebagai pelatih tim utama Barcelona.

Guardiola sukses menggantikan Rijkaard  dengan meraih tiga gelar sekaligus  yaitu: Juara Liga Spanyol, Juara Piala Spanyol, dan Liga Champions. Selain itu, Barcelona menjadi tim tersubur di antara jajaran liga-liga terbaik Eropa dengan mencetak sekitar 150 gol di semua kompetisi.

Guardiola tercatat sebagai pelatih terbaik sepanjang sejarah Barcelona dengan 14 trofi dalam kurun waktu  empat tahun melatih.

Pada 16 Januari 2013,  Guardiola telah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun untuk menjadi pelatih dengan  menggantikan Jupp Heynckes yang  pensiun. (Ant/wikipedia.org).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home