Loading...
INDONESIA
Penulis: Bob H. Simbolon 19:45 WIB | Rabu, 02 Maret 2016

Zuhari Misrawi: Isu Bangkitnya Perang Salib Berdampak Serius ke RI

Intelektual muda Nahdlatul Ulama, Zuhari Misrawi (Foto : Bob H Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN - Benturan peradaban merupakan salah satu akar masalah sehingga terjadi konflik di Timur Tengah hingga saat ini.

Intelektual muda Nahdlatul Ulama, Zuhari Misrawi, mengatakan, benturan peradaban antara Barat yang identik Kristen dengan Islam merupakan akar masalah pertama, dimana orang Islam yang berada di Timur Tengah menyebutkan telah bangkit Perang Salib. Isu ini sangat berdampak ke Indonesia yang memiliki hubungan yang kuat dengan negara-negara di Timur Tengah karena pernah membawa ajaran Islam ke Indonesia.

"Apa yang terjadi di Timur Tengah berdampak serius kepada Indonesia. Selain itu, isu Perang Salib sangat mempengaruhi peradaban Amerika Serikat yang identik dengan Kristen sehingga benturan ini perlu sekali dikaji kembali secara akademis," kata dia saat menjadi pembicara di Sekolah Tinggi Theologi (STT) Jakarta dengan tema "Mengenal Konflik Timur Tengah"  pada hari Rabu (2/3).

Selain benturan peradaban, katanya, benturan fundamental juga menjadi akar masalah yang menyebabkan konflik di Timur Tengah. Konflik ini bukan terjadi antara agama Islam dan Kristen tetapi antara kelompok fundamentalisme Islam dan fundamentalisme Kristen.

"Globalisasi ekstrem atas nama agama juga menyebabkan konflik Timur Tengah, dimana salah satu pendeta di Amerika Serikat membakar sebuah Alquran. Tindakan tersebut mendapat kecaman dari masyarakat Indonesia, padahal fundamentalisme tersebut bukan atas agama Kristen, yang saya tahu tidak pernah ada namanya fundamentalisme Kristen di Indonesia," kata dia. 

Dia juga mengatakan, teori Identitas Soliter adalah orang yang menganggap dirinya yang paling benar juga memicu terjadinya konflik agama. Teori ini merupakan penyakit yang serius dihadapi agama-agama ketika mengaku hanya dirinya yang paling benar sementara orang lain yang salah. "Seperti saya mengakui agama Islam yang paling benar dan agama-agama lainnya juga benar," katanya.
  
"Anggapan orang yang salah saat ini melihat orang melakukan doa bersama di lapangan, orang Islam melihat adanya kebangkitan agama padahal tidak salah kalau melakukan doa bersama di lapangan, kan mendoakan seluruh bangsa Indonesia," kata dia.

Pengaruh ketidakadilan global seperti kemiskinan juga membuat terjadi konflik di Timur Tengah sehingga hal ini perlu diperhatikan.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home