Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 07:30 WIB | Minggu, 14 Juni 2020

Aborigin Gabung Demonstrasi Kesetaraan Rasial di Berbagai Kota Australia

Demonstran berbaris di jalan-jalan selama protes Black Lives Matter untuk mengekspresikan solidaritas dengan pengunjuk rasa AS dan menuntut diakhirinya kematian Aborigin dalam tahanan di Perth, Australia, pada hari Sabtu (13/6/2020). (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM-Ribuan orang berunjuk rasa untuk kesetaraan rasial di kota-kota di seluruh Australia pada hari Sabtu (13/6) meskipun peringatan resmi demonstrasi dapat merusak keberhasilan negara dalam menekan virus corona.

Demonstrasi terbesar terjadi di ibu kota Australia Barat, Perth, di mana beberapa ribu orang berkumpul di sebuah taman dan melambai-lambaikan tanda "Lives Matter" dan bendera Aborigin.

Protes kecil untuk hak-hak Aborigin diadakan di Darwin, ibu kota Wilayah Utara, dan kota-kota di Queensland yang berdekatan, keduanya wilayah dengan banyak komunitas adat. "Kami di sini untuk mendukung masa depan kami sebagai masyarakat adat dan untuk berjalan melawan ketidakadilan... apa yang terjadi pada orang-orang kami, dengan lebih dari 400 kematian hitam dalam tahanan," kata seorang pemrotes yang tidak disebutkan namanya kepada penyiar publik ABC di pawai Darwin.

Dengan pengecualian demonstrasi di Darwin, yang memiliki otorisasi, protes lainnya melanggar perintah resmi terhadap pertemuan massal yang dilembagakan tiga bulan lalu untuk mengekang penyebaran virus corona.

Tetapi panitia melakukan upaya untuk membuat para pemrotes menyebar dan kebanyakan memakai masker wajah, dan polisi tidak melakukan intervensi.

Kasus Kematian di Tahanan

Itu adalah akhir pekan kedua berturut-turut dari protes besar di Australia, yang awalnya diselenggarakan dalam solidaritas dengan gerakan Black Lives Matter di Amerika Serikat setelah pembunuhan oleh seorang polisi kulit putih terhadap orang Afrika-Amerika, George Floyd.

Gerakan ini telah bergema sangat kuat dengan banyak orang di Australia, sebuah negara yang juga bergulat dengan warisan ketidakadilan rasial terhadap masyarakat adat di negara tersebut.

Warga Aborigin Australia sangat terwakili dalam populasi penjara, dan ada lebih dari 400 kematian penduduk asli dalam tahanan dalam tiga dekade terakhir.

Tidak ada penuntutan yang dilakukan atas kematian tersebut, meskipun ada banyak penyelidikan, pemeriksaan dan dalam beberapa kasus ada bukti video pelecehan.

Banyak pemrotes membawa tanda-tanda yang mencerminkan pengalaman Aborigin, termasuk "Hentikan kematian dalam tahanan" dan "Australia Putih berhenti membohongi dirimu sendiri".

Protes Pengungsi

Bersamaan dengan demonstrasi Black Lives Matter, puluhan orang memprotes di Brisbane, Sydney dan Melbourne terhadap penahanan para pencari suaka yang berkepanjangan di bawah kebijakan keras pemerintah tentang pengungsi.

Polisi telah melarang semua protes tersebut, karena melanggar peraturan kesehatan terkait pandemi virus corona, tetapi aksi terjadi dengan sebagian besar tanpa insiden.

Australia telah menjadi salah satu negara paling sukses dalam mengatasi epidemi ini, dengan sekitar 7.000 kasus dan 102 kematian untuk negara dengan populasi 25 juta jiwa.

Para pejabat kesehatan mengatakan pekan ini bahwa virus itu telah hampir dihilangkan di banyak wilayah negara itu, meskipun masih ada beberapa kasus baru setiap hari di negara bagian New South Wales dan Victoria yang paling padat penduduknya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home