Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 21:50 WIB | Jumat, 21 Juni 2019

Acara Akhir Pekan 22 – 23 Juni 2019

Pertunjukan drama musikal – Arjuna, Ciputra Artpreneur Theater pada Sabtu (22/6). (Foto: ciputraartpreneur.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di bulan Juni kali ini, bersamaan dengan libur sekolah. Beberapa acara yang digelar untuk keluarga, di antaranya pergelaran tari tradisional, pertunjukan drama musikal, pameran lukisan, festival  keluarga Wonderfest 2019, Festival Toys, Jakarta Gashapon X Gacha Event, Kids Playland Let’s Bounce in Giant Inflatable, Festival Jepang Ennichisai Blok M 2019, dan Festival Sriwijaya XXVIII 2019.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 22 Juni

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Tari Tradisional Jakarta Sepanjang Masa oleh Krida Loka

Memasuki usia DKI Jakarta yang ke-492, gelagat kesenian asli dari Ibukota, yakni kesenian masyarakat Betawi menjadi kian luntur. Karya “Jakarta Sepanjang Masa” ini hadir untuk mempertontonkan kembali tari-tarian dan iringan musik tradisional Betawi yang dikemas dalam cerita dan koreografi yang ditarik dari masa tempo dulu hingga masa kini.

Berangkat dari gejolak problematika yang kerap dihadapi masyarakat, hal tersebut kemudian menjadi inspirasi dari keseluruhan karya ini. Menggabungkan dua ragam dasar dari tarian Betawi yakni Tari Topeng dan Tari Cokek, karya ini dimaksudkan untuk dapat membuka mata warga Ibukota akan betapa kaya dan berwarnanya khazanah kesenian Betawi yang sering kali luput dari perhatian masyarakat. Karya repertoire tari dan musik akan ditampilkan dalam balutan drama Lenong Betawi yang interaktif terhadap penonton yang hadir.

Berdiri sejak tahun 1983, Krida Loka terus berkontribusi melestarikan tari-tarian dan musik tradisi Indonesia dengan penampilan dan perlombaan tingkat nasional maupun internasional. Dalam perjalanannya, Krida Loka telah tumbuh menjadi kelompok tari fenomenal dengan perspektif tarian yang lebih luas.

Saat ini, anggota dari Krida Loka juga mempelajari balet dasar, tari kontemporer, dan tari modern yang ditambahkan untuk cerita rakyat. Kelompok ini mampu maju dan berkembang pesat hingga saat ini berkat bimbingan dari banyak pihak yang sangat berdedikasi; para senior, mentor tari, Tom Ibnur (sebagai Direktur Artistik) dan AG Sudibyo (sebagai Pembina).

Ciputra Artpreneur Theater, Pertunjukan Drama Musikal – ARJUNA

Show 1, pukul 13.30 - 16.00; show 2 pukul 18.30 - 21.00

Sanskerta dengan arti “Yang Berbudaya” merupakan pergelaran drama musikal tahunan yang lahir dari kecintaan terhadap kekayaan seni dan kebudayaan Indonesia, dimana kisah, tarian, dan lagu merupakan karya original mahasiswa/i Universitas Prasetiya Mulya.

Terinspirasi dari salah satu kisah dari kitab Mahabharata yang juga dijadikan cerita dalam pewayangan di Pulau Jawa, Sanskerta 2019 “Arjuna” mengangkat kisah perjalanan hidup para Pandawa 5 (Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa) dari sudut pandang Arjuna. Dimulai dari meninggalnya Prabu Pandu yang merupakan ayah dari kelima Pandawa ini hingga perang yang melibatkan para Kurawa.

Melalui perjalanannya, Arjuna yang pada awalnya memiliki kesombongan diri tinggi kembali menyadari kelemahan-kelemahannya hingga akhirnya ia mampu menemukan jati dirinya sebagai seorang ksatria sejati. Penasarankah kalian dengan kisah perjalanan Arjuna? Jangan lewatkan pertunjukan kami!

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi

Sharon Gabrielle – 085813053818| Instagram – @sanskerta_id

Hall A & B, Jakarta Convention Center (JCC), Pukul 10.00-22.00 WIB, Festival  keluarga Wonderfest 2019

Acara berlangsung pada Kamis (20/6) – Minggu (23/6)

Wonderfest adalah festival anak dan keluarga pertama di indonesia dengan konsep interaktif dan edukatif yang mengajak anak-anak untuk membangkitkan imajinasi mereka dalam bermain.

Samara live sebagai penyelenggara Ideafest, sebuah festival kreatif pertama dan terbesar di Indonesia, kali ini menyelenggarakan Wonderfest sebagai festival anak dan keluarga di indonesia yang membawa pesan bahwa tumbuh kembang anak bisa menjadi lebih optimal, dengan menggabungkan edukasi dengan aktivitas bermain.

Festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia dimeriahkan 100+ wahana bermain sambil belajar, karena bermain mengasah 5 aspek penting tumbuh kembang anak

Ajang bertemu dan menikmati penampilan dari artis-artis idola

Di Wnderfest, si kecil bisa melakukan beragam hal seru di berbagai zona loh. Antara  lain: Creative Zone, Active Zone, Play Zone, Science Zone

Terdapat bermacam-macam tenant yang menjual makanan dan barang-barang berkualitas untuk Moms dan si kecil.

Bersiaplah untuk bersenang-senang di zona utama dari Wonderfest, yaitu Wonder House! Di sini kita bisa menikmati berbagai macam kegiatan seru, seperti puppet show, cooking class, sampai kids competition

Info dan kontak: Instagram: @wonderfest.co, Website: wonderfest.co

Main Atrium – Ground Floor, Pluit Village Jakarta, Festival Toys, Jakarta Gashapon X Gacha Event

Acara berlangsung pada Senin (17/6) – Minggu (30/6)

Buat kalian penggemar dan kolektor Gashapon Gacha item!!

Jangan lewatkan Gashapon X Gacha Event!!

Tersedia sekitar 100 tower mesin dengan 200 macam item Bandai Gashapon & Takara Tomy Arts Gacha, serta akan selalu di update model itemnya setiap saat selama event berlangsung. Hadir juga produk-produk dari Multi Toys seperti produk dari Banpresto, Taito, Bandai dan masih banyak lainnya. Pastikan kalian akan datang untuk mendapatkan item favorite yang diinginkan untuk melengkapi koleksi kamu!

Info dan kontak: Facebook: Multitoys, Instagram: @multitoys

LG Floor, Cibubur Junction, Pukul 10.00 – Selesai, Festival Cimanggis City at Cibubur Junction

Acara berlangsung pada Senin (17/6) – Minggu (23/6).

Kali ini Apartemen Cimanggis City mengunjungi Anda di Mall Cibubur Junction. Berada di lokasi utama Cimanggis, Kota Depok, diapit oleh akses tol utama serta dikelilingi pusat perbelanjaan dan berbagai universitas ternama menjadikan Apartemen Cimanggis City sebagai pilihan terbaik Anda berinvestasi. Mari ajak keluarga tercinta dan kunjungi booth kami di lantai LG Cibubur Junction dari hari senin 17 Juni sampai dengan minggu 23 Juni 2019.

CIMANGGIS CITY, the key of your colorful living, www.cimanggiscity.com, FB : https://www.facebook.com/apartemencimanggiscity/, IG : @cimanggiscity

Saumata (Function Hall Lantai 2) – Jalan Alam Utama Kav 12-16 Alam Sutera, Tangerang,  Pukul 10.00 WIB, Seminar Kesehatan oleh Dr Tan Shot Yen “Mau Sehat Jangan Sampai Terjerat”

Harga tiket masuk gratis

Kini, berbagai makanan lezat sangat mudah ditemui di sekeliling kita.Tanpa kemampuan mengontrol asupan gizi yang baik, begitu banyak penyakit yang mengancam kesehatan kita dan keluarga di kemudian hari. Bersama Dr Tan Shot Yen, seorang ahli gizi dan penulis buku best seller, kita akan membahas tips diet sehat, serta kiat-kiat agar kita mampu lepas dari pola makan yang kurang sehat.

Acara ini terbuka untuk umum. Reservasi di 0817 69 100 26 (Whatsapp/SMS). Mari hadir dan pelajari cara diet sehat untuk hidup yang lebih baik bagi kita & keluarga!

Info dan kontak : 0817 69 100 26 (whatsapp) / @saumataofficial

Forum MKG 3, Mal Kelapa Gading Jakarta, Pukul 10.00-21.00 WIB, Kids Playland Let’s Bounce in Giant Inflatable

Acara berlangsung pada Selasa (18/6) – Minggu (30/6)

Untuk mengisi liburan sekolah si kecil, yuk ajak bermain ke Kids Playland di Summarecon Mall Kelapa Gading

Weekdays (Senin – Kamis) Rp 50.000,-/anak/jam, Weekend (Jumat – Minggu) Rp 70.000,-/anak /jam *Untuk pendamping : Rp 20.000,-/orang

Info dan kontak: Facebook: Mal Kelapa Gading, Twitter & Instagram: @mkglapiazza, Website: malkelapagading.com

Bentara Budaya Yogyakarta, Pameran Lukisan Berdua Agus Subagya dan Kusbudiyanto, To Remember

Acara berlangsung pada Sabtu (22/6) – Minggu (30/6)

Pameran Lukisan karya Kusbudiyanto dan Haryo Seno Agus Subagyo (Haryo SAS) yang diberi tajuk “To Remember“, berlangsung tanggal 22 – 30 Juni 2019 adalah pameran terakhir dan menutup serangkaian acara Bentara Budaya Yogyakarta di Semester I tahun 2019..

Haryo SAS adalah perupa kelahiran Gunungkidul, Yogyakarta (Desember, 1972)  yang menempuh pendidikan Pascasarjana Institut Seni Indonesia, Yogyakarta (2012 – 2014). Selain sebagai seorang ilustrator buku, dia adalah seorang staf pengajar di Politeknik Seni Yogyakarta (2016 – sekarang). Sementara itu, Kusbudiyanto, perupa kelahiranYogyakarta (April, 1969) menempuh pendidikan terakhirnya di AMP YKPN Yogyakarta Jurusan Ekonomi Manajemen (1999 – 2002) adalah Konsultan Design untuk pengrajin rotan di Kalimantan (2004 – sekarang).

Melalui Pameran “To Remember“, dua perupa ini hendak mengajak kita semua untuk “mengingat kembali“ makna-makna dan arti-arti tertentu dalam perjalanan kehidupan kita.

Selamat menikmati karya yang merepresentasikan keberagaman masyarakat Indonesia, khususnya Yogyakarta. Dan, kita pun boleh memvisualkan perjalanan hidup kita dan lingkungan sekitar kita dalam coretan-coretan hitam putih maupun lukisan warna-warni seperti yang sudah dilakukan oleh Kusbudiyanto dan Haryo SAS.

Bentara Budaya Bali,  Pukul 19.00 WITA, Pertunjukan Musik Gamelan A Tribute to To Wayan Beratha

Bila seri Komponis Kini 2016 adalah sebuah persembahan untuk komposer pelopor I Wayan Lotring, kali ini sepanjang tahun 2019 akan digelar serangkaian New Music for Gamelan berupa A Tribute to Wayan Beratha.

Mengawali presentasi pertunjukan pada seri Komponis Kini 2019 akan tampil dua komposer muda, I Putu Adi Septa Suweca Putra dan Priya Kumara Janardhana, yang akan menghadirkan komposisi terkini mereka, sekaligus karya klasik dari para maestro terdahulu.

A Tribute to Wayan Beratha tidak lain adalah sebuah penghargaan dan penghormatan mendalam kepada maestro gamelan yang karya-karyanya terbilang immortal. I Wayan Beratha merupakan komposer kelahiran tahun 1926, berasal dari Banjar Belaluan Denpasar. Sang kakek, I Ketut Keneng (1841-1926) adalah seorang seniman karawitan dan pagambuhan yang sohor pada zamannya. Sejak kecil Beratha bersentuhan dengan gamelan Bali, bakatnya terasah melalui binaan sang ayah, I Made Regong. Selain berguru pada ayahnya, Beratha juga menimba ilmu dari sejumlah tokoh seni, di antaranya Ida Bagus Boda dari Kaliungu tentang karawitan dan tari palegongan, mendalami tari klasik dan Gong Kebyar dari I Nyoman Kaler, serta mempelajari tari jauk dari I Made Grebeg.

Komponis Kini merupakan sebuah program digagas Bentara Budaya Bali bersama tiga komposer yang konsisten memperjuangkan New Music for Gamelan; I Wayan Gde Yudane, Wayan Sudirana dan Dewa Alit. Bertujuan untuk menciptakan atmosfer berkesenian bagi seniman-seniman gamelan di Bali dan di tanah air, dengan mengedepankan upaya-upaya penciptaan baru (new gamelan) yang berangkat dari kekayaan warisan seni-seni gamelan tradisi. Ini sekaligus sebuah ajang bagi komponis-komponis new gamelan untuk mengekspresikan capaian-capaian terkininya yang mencerminkan kesungguhan pencarian kreatifnya. Selain menampilkan pertunjukan musik, acara juga akan diperkaya dengan timbang pandang atau dialog bersama para komposer bersangkutan; sebentuk pertanggungjawaban penciptaan.

Minggu, 23 Juni

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB, Musik Indonesia Kaya oleh Indomusikgram Community feat. Josephine Alexandra

Indomusikgram Community dikenal dengan komunitas musik yang merupakan rumah dari banyak musisi bertalenta Indonesia, baik dalam memainkan musik ataupun melantunkan nyanyian.

 Kali ini, Indomusikgram Community bersama dengan Josephine Alexandra, seorang musisi bertalenta yang terkenal akan permainan gitarnya, akan membawakan lagu-lagu dari Indonesia Tengah dengan aransemen yang unik dan khas anak muda. Lagu-lagu dengan gaya unik Indomusikgram dan Josephine Alexandra diharapkan dapat menghibur para penonton.

Kawasan Blok M Jakarta, Festival Jepang Ennichisai Blok M 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (22/6) – Minggu (23/6)

Festival Jepang (Matsuri) Little Tokyo Ennichisai yang mendatangkan lebih dari 300.000 pengunjung ini akan kembali diselenggarakan di tahun 2019 pada tanggal 22-23 Juni. Bertempat di kawasan Blok M, tahun ini adalah pelaksanaan Ennichisai yang ke-10,  dan dirayakan sebagai 10th Anniversary dengan tujuan mempromosikan kawasan Blok M dengan banyak restoran Jepang dan area belanja yang cocok sebagai tujuan wisata di Jakarta. Didukung oleh kedutaan besar Jepang dan pemerintah kota Jakarta Selatan, Ennichisai menjadi sebuah acara yang ditunggu setiap tahunnya di Indonesia.

Ennichisai tahun ini,  mengambil tema “Danketsu” atau “Unity”. Tema tersebut dibuat mengingat Ennichisai adalah sebuah acara yang mempersatukan berbagai macam pengunjung dan tidak membeda-bedakan siapapun yang hadir di Ennichisai, semua bersatu untuk menikmati kemeriahan, seperti persatuan Indonesia yang terjalin karena akan menyambut pemerintahan setelah pemilu.

Hal ini Seiring dengan pergantian kaisar di Jepang yaitu memasuki era bernama REIWA (Beautiful Harmony) yang bermaknakan “perdamaian dan harmoni” diharapkan Ennichisai menyatukan semangat persatuan Indonesia dan harmoni Jepang,  dalam perubahan era yang baru demi kedamaian dan persahabatan. Logo dibuat oleh Kaligrafer Taro Todoroki dari Jepang, dan tahun ini juga akan buka booth untuk memberikan workshop di Ennichisai.

Akan ada banyak sekali  pertunjukkan khas Jepang yang menarik seperti Mikoshi, Dashi, Taiko, Geisha, Cosplay,  dan lainnya. Kunjungi juga ratusan booth makanan dan pernak pernik khas Jepang di Ennichisai! Khusus untuk tahun ini Ennichisai tidak hanya memanjakan penggemar kuliner dan kebudayaan Jepang. Area booth pendidikan dibuat bagi para pengunjung yang tertarik mencari informasi untuk sekolah di Jepang. Ada beberapa sekolah dan lembaga yang hadir di Education Area di dekat Pop Stage.

Ada 8 booth yang akan mengisi area ini, di antaranya Gakushudo, Sendai Ikuei Gakuen (SMA), JEI Consulting, GLOBIS Asia Campus Singapore, Shinjuku Japanese Language Institute, Yokohama International Education Academy, ECC Kokusai College of Foreign Languages, Interculture Language Academy. Beberapa sekolah tersebut bisa di cek pada website: jeducation.co.id.

Info dan kontak: Facebook: Ennichisai Blok M, Website: ennichisaiblokm.com

Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC),  Gebyar IPPKINDO 2019

Acara berlangsung pada Jumat (21/6) – Minggu (23/6)

Harga tiket masuk: Gratis

Ayo kunjungi pameran produk UMKM kualitas export

Menghadirkan Produk-produk Unggulan: Tekstil Nusantara, Kuliner Nusantara, Kerajinan Nusantara, Produk Agro dan Perikanan, Pariwisata

Info dan kontak: Telp: 081287105045, Facebook: Kementerian Koperasi dan UKM, Twitter & Instagram: @kemenkopukm

Benteng Kuto Besak – Palembang, Festival Sriwijaya XXVIII 2019

Acara berlangsung pada Minggu (16/6) –Minggu (23/6)

Palembang akan kembali menggelar Festival Sriwijaya XXVIII  ke-28. Festival ini menjadi salah satu festival terbesar yang dilaksanakan di Indonesia. Suguhannya adalah berbagai macam kebudayaan bertaraf  Nasional dan Internasional, dengan mempergelarkan kebudayaan dari 17 kabupaten/ kota di Sumatera Selatan.

Informasi lebih lanjut hubungi 081322728006

 

 

 

 

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home