Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 07:55 WIB | Sabtu, 05 Agustus 2017

Acara Akhir Pekan 5-6 Agustus

Ilustrasi. Karakter komik lokal dalam acara preview night Pop con Asia 2016 (Foto: genmuda.com)

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara di awal bulan Agustus ini, akan meramaikan akhir pekan Anda, mulai dari pertunjukan kreativitas anak muda Popcon asia, monolog pembacaan puisi, pertunjukan musik, hingga  festival sastra Asean.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu 5 Agustus

Jakarta Convention Center (JCC), Pukul 10.00- 24.00, Popcon Asia 2017

Acara berlangsung pada Sabtu, (5/8) – Minggu (6/8)

POPCON ASIA, ajang perayaan pop culture skala internasional yang selalu dipadati anak muda seluruh Indonesia.  Mengusung tema Pop Parade, Popcon Asia akan kembali menampilkan karya-karya terbaik pelaku industri kreatif di Indonesia mulai dari film, animasi, komik, toys hingga game. Namun berbeda dari sebelumnya, kali ini Popcon Asia akan kedatangan lebih banyak ikon dunia pop culture internasional untuk menjawab harapan para penggemar di Indonesia.

Tahun ini, Popcon akan 2 kali lipat lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dengan deretan konten lokal dan internasional yang luar biasa. Nama pertama yang dirilis adalah Yoshi Sudarso yang populer dikenal sebagai Blue Ranger di serial Power Rangers DinoCharge. Aktor kelahiran Indonesia ini adalah salah satu dari sedikit darah tanah air yang sukses berkiprah sebagai aktor di negeri Paman Sam. Dia akan datang bersama adiknya Peter Sudarso yang juga berprofesi sebagai aktor, model dan juga fashion blogger.

Nama Popstar yang dirilis berikutnya adalah Yuma Ishigaki, pemeran dari karakter tokusatsu yang sangat populer di Indonesia, Gavan. Yuma adalah aktor muda yang mendapatkan tongkat estafet dari aktor legendaris Kenji Ohba, pemeran Gavan yang pertama di tahun 1980an. Kedatangan Yuma ke Popcon kali ini adalah dalam rangka perayaan 35 tahun Gavan.

Masih dari negeri sakura, Popcon kali ini akan kedatangan komikus Tooru Fujisawa yang populer lewat komik Great Teacher Onizuka. Para penggemar akan bisa bertemu langsung dan meminta tanda tangan untuk komik karyanya. Tidak datang sendiri, Tooru akan membawa sang istri, Ayano Fujisawa, aktris yang populer lewat serial TV GTO hasil adaptasi komiknya. Ayano juga bermain di banyak serial TV lain seperti Kamen Rider Ryuki dan Kamen Teacher.

Harga tiket masuk: 1 day pass : Rp.95.000,00, 2 day pass : Rp.180.000,00

Ke situs https://www.kiostix.com/popconasia, Contact Information, Email:  info@popconasia.com

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Monolog  Apa Kamu Mau Tahu? oleh Sita Nursanti

Sita Nursanti,  hadir untuk bercerita dan mengajak para penikmat seni untuk memahami arti kemerdekaan menurut sudut pandangnya. Melalui kemampuan seni peran dalam monolog yang dibawakan dan nyanyian yang disuguhkan dalam sebuah kesatuan pementasan seni, “Apa Kamu Mau Tahu?” dapat menghibur dan menginspirasi para pecinta seni pertunjukan.

Sita Nursanti mengawali karirnya sebagai backing vocal bersama Iwan Zen untuk penyanyi ternama seperti Iwa K, alm. Chrisye, P-Project dan lain-lain. Melalui duetnya dengan Iszur Muchtar di tahun 1993 pada lagu parodi “Kalau Sempat” dalam album Ooo..Lea..Leo dari kelompok Padhyangan Project (sekarang menjadi P-Project), suara Sita yang bening cukup mencuri perhatian masyarakat.

Sita tergabung dalam Trio Rida-Sita-Dewi (RSD), dan meluncurkan album perdana, Antara Kita pada tahun 1995 yang kemudian dilanjutkan dengan album Bertiga (1997). Menjelang akhir tahun 2002, RSD mengemas lagu-lagu terbaiknya ke dalam album The Best of Rida Sita Dewi dengan tambahan dua lagu baru, yakni "Ketika Kau Jauh" ciptaan Stephan Santoso/Inno Daon dan "Terlambat Bertemu", karya Yovie Widianto.

Disamping menyanyi, Sita juga cukup sibuk menjadi penyiar radio dan mulai menggeluti dunia panggung teater. Tidak hanya berakting sambil bernyanyi, Sita sangat tertantang dan berhasil tampil sangat baik ketika membawakan monoloog selama 90 menit dalam Nyai Ontosoroh (2007) dan membawanya terbang ke Eropa selama 1 bulan penuh untuk pementasan Mereka Memanggilku Nyai Ontosoroh di Belanda & Belgia (2010). Diluar itu semua, beberapa peran penting dipercayakan kepada Sita pada pentas seni teater seperti Bobumba Bobo (2006), Bon Bin Ben (2008), Bawang Merah Bawang Putih (2012), Semut Merah Semut Hitam (2012), Sang Kuriang (2013), dan Tresna (2014).

@america Pacific Place, Pukul 19.00- 20.30, Pertunjukan Musik Tribute Cinta abadi untuk Natalie Cole

Nikmati penampilan yang intim oleh seniman legendaris Harvey Malaihollo dan bintang terbit Mikha Tambayong saat mereka memberikan penghormatan kepada ikon R & B Amerika.

 @america menyambut pengunjung pada tahap pertama, pertama-tama karena memungkinkan ruang. Karena keterbatasan kapasitas, Jika pengunjung tidak dapat masuk, kami mohon maaf dan mengingatkan Anda bahwa acara pusat pertunjukan kami disiarkan langsung di www.atamerica.or.id/video.

Minggu, 6 Agustus

Galeri Indonesia Kaya,  pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Musik Seriosa Nawa Gita

Enam penggerak seni seriosa Indonesia mempersembahkan kumpulan tembang puitis gubahan sejumlah komponis Indonesia ternama yang melibatkan enam penyanyi dan tiga pianis muda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia musik klasik di Indonesia, terutama di Jakarta.  Enam penyanyi antara lain:  Nawa Gita terdiri dari Anggana Bunawan, Muharram Haekal, Jessica Januar, Dionisius Darwin Liem, Yasashi-I Evelyn Pangaribuan dan Renata Raissa

Acara ini merupakan konser kolaborasi musisi dan pecinta seni seriosa dengan tujuan untuk memperkenalkan literatur seriosa/tembang puitik Indonesia kepada khalayak luas yang tertarik dengan permainan musik klasik maupun peminat seni yang akrab dengan literatur seriosa pada umumnya.

Tiap penyanyi akan membawakan tiga buah lagu pendek dengan konten dan suasana hati yang kontras, tetapi kaya akan makna. Terdapat beberapa lagu yang jarang dibawakan di atas panggung, tetapi ada juga beberapa yang dikenal oleh banyak orang, seperti lagu Nyiur Hijau. Konser ini kemudian ditutup dengan lagu dalam format paduan suara, format yang terdengar sangat akrab di telinga masyarakat.

Penyanyi yang akan tampil adalah anggota aktif paduan suara Batavia Madrigal Singers (BMS). Di bawah naungan maestro Avip Priatna, pianis-pianis yang tergabung dalam acara ini juga mempunyai nama besar di lingkungan musik klasik di Jakarta. Pianis Hazim Suhadi sudah pernah tampil di Galeri Indonesia Kaya (GIK) bersama mezzo-sopran Heny Janawati dan diliput di program acara budaya Idenesia bersama Yovie Widianto. Pianis Daniel Alexander Tan pun pernah tampil di GIK dengan grup piano trio-nya berjudul Trio Untuk Bangsa. Pianis Vincent Wiguna juga aktif berkolaborasi bersama sejumlah paduan suara di Jakarta.

@america Pacific Place, Pukul 10.30 -24.30,  Pameran Sirkus Internasional

Dukung para pemain sirkus muda dari Amerika Serikat dan Indonesia, saat mereka memamerkan apa yang telah mereka pelajari dalam tiga minggu bersama mereka. Menampilkan CircEsteem dan Red Nose Foundation

@america menyambut pengunjung pada tahap pertama, pertama-tama karena memungkinkan ruang. Karena keterbatasan kapasitas.

Halaman Depan Museum Fatahilah Jakarta, Pukul 19.00, Festival Sastra ASEAN atau The 4th ASEAN Literary Festival (ALF).

Festival sastra negara-negar ASEAN atau The 4th ASEAN Literary Festival (ALF) diselenggarakan di kawasan Kota Tua Jakarta, berlangsung pada Kamis (3/8) – Minggu (6/8). Festival ini merupakan ajang untuk menyatukan masyarakat ASEAN melalui sastra.

Festival yang dilaksanakan sejak 2014 ini, menjadikan budaya dan sastra sebagai unsur penting keberlangsungan ASEAN dan telah mendeklarasikan dirinya menjadi komunitas. Kegiatan ini sekaligus untuk merayakan 50 tahun ASEAN. Festival ini pun menjadi wadah untuk memperkenalkan pencapaian dan produk sastra penulis ASEAN ke tingkat global, serta usaha-usaha dalam meningkatkan kecintaan membaca di kalangan anak muda dan anak-anak Indonesia, dan kawasan ASEAN di era media sosial. Kegiatan ini akan menghadirkan penulis-penulis dan jurnalis yang berpengaruh dan kritis di Asia Tenggara dengan berbagai tema diskusi, dan kuliah umum. Selain itu, akan ada Jambore Nasional Sastra yang akan diikuti oleh 500 pelajar dari tingkat SD hingga SMA tiap harinya.

Selain itu digelar Asean Food Festival, yang akan diikuti oleh kedutaan-kedutaan di Asia Tenggara. Mereka akan menampilkan makanan khas dari masing-masing negara, hingga festival budaya panji.

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home