Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:52 WIB | Jumat, 04 November 2016

Acara Akhir Pekan 5 – 6 November 2016

Ilustrasi: Flyer pertunjukan tari Indonesia Menari tahun 2016 oleh EKI Dance Company. (Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM - Aneka pameran, pertunjukan tari, dan kreativitas anak muda, akan meramaikan akhir pekan di awal bulan November ini. Ada beberapa acara yang pantas dikunjungi selama akhir pekan, yang sangat sayang untuk dilewatkan bersama keluarga, teman, atau orang-orang terdekat.

Berikut acara pertunjukan dan hiburan pilihan Redaksi satuharapan.com yang dapat menemani pencinta seni dan hiburan melewatkan akhir pekan.

 

Sabtu 5 November 2016

JIEXpo Kemayoran, pukul 10.00-16.30: Indo Defence 2016 Expo & Forum

Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, menjadi tuan rumah pameran dan konferensi tentang pertahanan, dirgantara, dan industri kelautan, atau Defence Indo, Indo Aerospace, Indo Helicopter, Indo Marine 2016. Expo dan Forum digelar pada hingga Sabtu (5/11) sejak Rabu (2/11).

Acara ini akan menjadi ujung tombak pengembangan industri pertahanan, dirgantara, layanan keamanan, teknologi kelautan dan aplikasi di wilayah tersebut.

Lebih dari 750 perusahaan dari 55 negara dan 30 paviliun memamerkan produknya, seperti Jerman, India, Italia, Australia, Korea Selatan, Prancis, Turki, Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Afrika Selatan, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Belarus, Indonesia, Republik Republik, Ukraina, Slovakia. Lebih banyak perusahaan besar seperti Airbus, Yugoimport, Damen Schelde, SAAB, Rheinmetall, Lockheed Martin, Otokar, KAI, PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, Lundin, Sritex, SSE, Thales, Rocketsan, FNSS, Aselsan, UKTI, Denel, Avibras, UAC, Rossoboronexport, Norinco, ALIT, CETC, dan lain-lain.

Bagi profesional dan pebisnis yang mengunjungi pameran hingga Jumat (4/11) sejak Rabu (2/11), tidak dipungut biaya. Namun, pamaren yang dibuka untuk umum pada Sabtu (5/11) dipungut biaya Rp 50.000 untuk setiap orang.

 

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15:00:  Pertunjukan Tari  EKI Dance Company

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, menggelar pertunjukan Indonesia Menari.

Pada tahun 2016 ini, Indonesia Menari datang lagi dengan koreografi yang lebih menantang. Koreografer Takako Leen dari EKI Dance Company hadir di Galeri Indonesia Kaya untuk memperkenalkan koreografi tarian Indonesia Menari 2016. Tarian ini dibuat dengan menggabungkan elemen tradisional dan modern diiringi lagu-lagu daerah yang telah diaransemen secara lebih modern.

Di dalam acara ini, Takako Leen selaku koreografer akan mengajarkan koreografi ini secara langsung kepada penikmat seni secara interaktif, sehingga penikmat seni dapat mempelajari detail dari gerakan khas tiap-tiap daerah di Nusantara.

 

Kuningan City Hall L3 & L4: Pameran Mainan Animasi dan Cosplay

Kuningan City di Jl Prof Dr Satrio, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan, bekerja sama dengan Sacca Production, akan menghadirkan lagi acara khusus Animetoku –con 2016 untuk fans Anime dan Tokusatsu. Acara berlangsung pada Sabtu (5/11) dan Minggu (6/11). 

Konten acara: Anime & Tokusatsu Convention, pameran koleksi mainan berbasis Komunitas Anime & Tokusatsu Jepang di Indonesia, sejarah komunitas anime, pameran artworks, diorama, cosplay- -lokakarya, photo booth, props & display lokal comic artist, stand-toys, dan bazaar.

Info dapat diperoleh via email: jakartatoysfair@yahoo.com, Facebook: The Jakarta Toys dan Komik Adil: Twitter: @jakartatoysfair, Website: jakartatoysfair.com.

 

Planetarium dan Observatorium, pukul  16.00 WIB - 06.00 WIB: Observasi Benda Langit

Planetarium di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, menyelenggarakan “Semalam Bersama Bintang, Bulan, dan Planet”.

Kegiatan berupa diskusi astronomi, workshop, observasi benda langit. Peserta tidak dipungut biaya masuk untuk mengikuti acara yang berlangsung pada Sabtu (5/11) dan Minggu (6/11), namun dibatasi hanya untuk 300 peserta. Seratus pendaftar pertama akan mendapatkan makan malam, snack, dan cenderamata.

 

Museum Nasional, pukul 08.30 – 17.00: Pertunjukan Dongeng

Museum Nasional di Jl Medan Merdeka Barat No 12 Gambir Jakarta Pusat, menggelar Pertunjukan Dongeng  oleh pendongeng 7 negara, mulai pukul 08.30 – 17.00.

Berbagai dongeng Indonesia yang seru dibawakan oleh pendongeng dari tujuh negara, pada  Sabtu (5/11) dan Minggu (6/11), dengan konten acara pertunjukan dongeng, kelas dongeng, pasar cerita, taman cerita, pameran ilustrasi, kelas kriya.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh via Twitter: ayodongeng_ind,  Instagram: ayodongeng_ind, dan Email: info@indostoryfest.com.

 

Minggu 6 November 2016

Galeri Indonesia Kaya,  pukul 15:00: Pergelaran Tari SangHawa

Galeri Indonesia Kaya menyelenggarakan pertunjukan tari “SangHawa” oleh Nan Jombang Dance Company.

SangHawa mempertunjukkan tari kontemporer berbasis tradisi Minangkabau, bercerita tentang perempuan. Tarian ini tidak menggunakan iringan musik, tetapi mengandalkan ritma dan bebunyian yang dihasilkan dari gerakan penari. Tubuh, tarikan napas, udara dan suara menjadi musik bagi tarian tersebut karena bagi koreografernya, Ery Mefri, teriakan kesakitan kita tidak mungkin disuarakan oleh orang lain.

Ery Mefri adalah founder sekaligus Direktur Artistik Nan Jombang Dance Company yang didirikan pada tahun 1983, sudah melahirkan lebih dari 50 karya, dan menjelajahi empat benua Amerika, Asia, Australia, dan Eropa. Tahun 2016, institusi tari ini mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, yakni Anugerah Kekayaan Intelektual Nasional bidang Insan Kreatif di Bidang Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional, serta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Anugerah Kebudayaan Pencipta, Pelopor, dan Pembaru dalam bidang Seni Tari Pembaru Tarian Berdasarkan Latar Belakang Budaya Minang.

Pada 6 Oktober 2016 grup ini baru saja kembali dari Chicago, AS, setelah selama satu bulan dalam proses vinal kolaborasi dengan Natya Dance Theatre, untuk berpentas  di Auer Performance Hall University, Indiana, dan North Shore Center for The Performing Arts in Skokie, Chicago.

 

Jakarta Convention Center (Parkir Timur Senayan): Pameran Indonesia Motorcycle 2016

Di Jakarta Convention Center (Parkir Timur Senayan) berlangsung Pameran Indonesia Motorcycle 2016.

Acara akan dilangsungkan pada Sabtu (5/11) dan Minggu (6/11), dengan konten acara: Pameran Jamboride (Parkir Timur Senayan), Motocustom, Moto Bazaar, Moto Gymkhana, Safety Riding Course & Test Ride, Donor Darah Grand Prize: Honda All New CBR150R, Kawasaki KLX 150, Suzuki Address FI, TVS Dazz FI, Yamaha Mio M3 Sporty (Free Shuttle Bus:  FX to JCC : Start (09.30) End (20.45) dan JCC to FX : Start (10.30) | End (21.15)

Harga tiket masuk untuk hari-hari biasa Rp 15.000, dan untuk akhir pekan Rp 20.000.

Informasi lebih lanjut: indonesiamotorcycleshow.com, Facebook: indoensia motorcycle show, Twitter: imos_id,  Instagram : imos_id.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home