Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 16:32 WIB | Jumat, 06 Januari 2017

Acara Akhir Pekan 7-8 Januari 2017

Foto karya Isabelle Boon. (Foto: Isabelle Boon)

SATUHARAPAN.COM – Aneka acara seperti temu komunitas, pameran tekstil, pameran ilmiah, pameran foto, digelar di pusat perbelanjaan di Ibu Kota dan di tempat-tempat keramaian, untuk memeriahkan akhir pekan ini.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 7 Januari

@america Pacific Place, pukul 15.00-17.00: “Indonesia Climb-A-Thon”

@america Pacific Place, di Pacific Place Mall Lantai 3, memanggil semua pemanjat tebing dan pencinta alam untuk datang dan mempelajari mengenai gerakan panjat tebing Indonesia dan aspirasi olimpiade.

Dengar juga bagaimana panjat tebing bisa memberikan pemandangan terbaik dari alam Indonesia. Dapatkan pula kesempatan mengintip kompetisi lokal dan nasional 2017 dan apa yang Indonesian Climber Club (ICC) akan lakukan untuk meningkatkannya.

Menghadirkan pembicara Chesar Pramastha (Head Coach, Indonesian Climber Club), Izzuddin Azzam (Witsqo, Co-Coach, Indonesian Climber Club), Rachmat Sofyan (Pemerhati Panjat Tebing Alam), dengan Riza Ayuningtyas sebagai pemandu acara.

Museum Tekstil Jakarta: Pameran “Ibu dan Wastra”

Museum Tekstil di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) menyelenggarakan pameran kain batik bertema “Ibu dan Wastra: Antara Asa dan Cinta” memperingati Hari Ibu 22 Desember 2016, berlangsung 21 Desember 2016 – 8 Januari 2017.

Pameran ‘Ibu dan Wastra’ merupakan tugas akhir mahasiswa Arkeologi UI angkatan 2014 mata kuliah Kajian Koleksi dan Tata Pamer Museum, kata Dekan FIB-UI Adrianus LG Waworuntu dalam pembukaan pameran.

Pameran ini bercerita tentang “ibu” sebagai figur yang penting karena menjalankan fungsi reproduksi sebagai seorang perempuan. Sedangkan “wastra” adalah kain yang dipakai dalam upacara-upacara daur hidup ibu sebagai seorang perempuan, seperti pada masa kehamilan, kelahiran, hingga menikah.

Pameran tersebut memamerkan motif-motif batik, di antaranya babon angrem, sidho luhur, parang klithik, dan sekar jagad.

Selain itu, pameran “Ibu dan Wastra” juga memberikan penjelasan mengenai fase-fase penting kehidupan seorang perempuan yang kemudian dikaitkan dengan kain batik. Misalnya, penggunaan kain batik sebagai kain gendongan bayi karena dipercaya sebagai perlambang harapan dan mampu menolak bala.

Motif batik yang digunakan untuk kain gendongan tersebut misalnya motif parang kusuma dan parang rusak.

Dalam pameran “Ibu dan Wastra”, upacara daur hidup yang diangkat berasal dari adat Yogyakarta.

Pada 7 Januari, digelar acara “Night at Museum” pada pukul 19.00; sedangkan pada 8 Januari, digelar acara “Terima Kasih Ibu” pada pukul 10.00.

Graha Bhakti Budaya, TIM, pukul 10.00-20.00: “Explore Wonderland” - Talkshow & Exhibiton of Science

Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat menjadi tempat berlangsungnya acara bincang-bincang dan pameran ilmiah “Explore Wonderland”, pukul 10.00-20.00 WIB.

Program acara talkshow menghadirkan pembicara Irvan Setiadi Kartawiria (Doctor of Agroindustrial technology), Wibowo Priyo Hatmoko (Introduction About Biotechnology), dan Ronald Prasanto (Master Chef of Molecular Gastronomy).

Pameran yang dilangsungkan meliputi Basic Chemistry, Microbiology, Tissue Culture, Food Technology, DNA Technology.

Info dan kontak: Andreas Libraldhie 0878 8850 8213 dan Jazzieca Yokota: 0856 9182 2619, Facebook:  Explore FTB, Twitter: ExploreFTB, Website: exploreftb.com.

Gedung Tjipta Niaga: Pameran “Heritage in Transition” karya Isabelle Boon

Pusat Kebudayaan Belanda yang lebih dikenal dengan Erasmus Huis menggelar pameran terbuka Isabelle Boon di Gedung Tjipta Niaga, di Jalan Kalibesar III, Pinangsia Tamansari, Jakarta Barat. Pameran dibuka 19 November 2016 dan berlangsung hingga 21 Januari 2017.

“Heritage in Transition” adalah sebuah pameran tentang warga di Kota Tua dan bagaimana ikatan mereka dengan bangunan kolonial Belanda di Kota Tua. Di samping pameran ini, juga ada sebuah buku foto tentang perkembangan serupa yang berlangsung di Semarang.

Isabelle Boon adalah fotografer asal Rotterdam, Belanda. Ia tertarik pada hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, seperti bagaimana orang mencari nafkah, membangun keluarga, menghabiskan hari libur. Kegiatan sehari-hari ini menceritakan banyak tentang manusia dan kehidupan sosial dan terkadang latar belakang sejarah mereka.

Isabelle belajar fotografi di Utrecht. Pameran sebelumnya mencakup World Expo Milan 2015. Untuk informasi lebih lanjut tentang fotografer, bisa mengunjungi www.isabelleboon.com.

Galeri Nasional Indonesia: The 4th Jakarta Contemporary Ceramics Biennale

JCCB-4, program kegiatan Jakarta Contemporary Ceramics Biennale (JCCB) yang didukung Galeri Nasional Indonesia digelar pada 7 Desember 2016 – 22 Januari 2017. Menampilkan karya-karya dari 41 seniman dari 20 lebih negara, JCCB-4 merupakan perhelatan seni keramik kontemporer dua tahunan (biennale) yang terbesar di Asia Tenggara.

Melalui tema “Ways of Clay: Perspectives Toward the Future”, JCCB akan menafsirkan sejarah sebagai perspektif dalam memahami praktik seni keramik ke depan.

Seniman (non–residensi) yang terlibat adalah Agung Prabowo (Indonesia), Alice Couttoupes (Australia), Ane Fabricus Christiansen (Denmark), Antonella Cimatti (Italia), Clare Twomey (United Kingdom), Diego Akel (Brasil), Eddie Prabandono (Indonesia), Eva Larsson (Swedia), Geng Xue (Tiongkok), Gita Winata (Indonesia), Heri Dono (Indonesia), Kyoko Uchida (Jepang), Kyungwon Baek (Korea Selatan), Masha Ru (Rusia/Belanda), Dina Roussou (Yunani/Belanda), Mohamad Rizal Salleh (Malaysia), Nadya Savitri (Indonesia), Panca DZ (Indonesia), Sarah O’Sullivan (Australia), Takashi Hinoda (Jepang), Teri Frame (AS), Tomoko Sakumoto (Jepang).

Rangkaian Program JCCB-4 adalah seminar, Artists Talk, Ceramic Sharing and Presentation, Gallery Tour, Interaktif Performance (Gallery), Ceramic Workshops by Ganara Art Space setiap hari Sabtu dan Minggu mulai 10 Desember 2016 hingga 22 Januari 2017, Kelontong Keramik dari keramik pilihan untuk JCCB-4, toko souvenir keramik yang digagas oleh 17 studio keramik dari Jakarta dan Bandung, 8 Desember 2016 – 22 Januari 2017.

 

Minggu, 8 Januari 2017

@america Pacific Place: “Gaming and Gadgets”

@america di Pacific Place Mall lantai 3, Jakarta Selatan, menggelar acara “Gaming and Gadgets”, pukul 13.30 – 21.00.

Memanggil semua makers, gamer, dan pencinta teknologi untuk bergabung setiap hari Minggu untuk bermain  boardgame, kartu, dan permainan Xbox favorit banyak orang. Cobalah printer 3D langsung dan bawa pulang suvenir orisinal. Lepaskan kreativitas kamu dengan 3Doodler, Makey Makey, dan kit LittleBits kami!

Editor : Sotyati