Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:54 WIB | Rabu, 09 April 2014

Anies: Partai Demokrat Harus Tetap Optimis

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menggunakan hak pilihnya di Cikeas. (Foto: Twitter @SBYudhoyono)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Anies Baswedan mengatakan meskipun hasil hitung cepat Pemilu Legislatif 2014 dari berbagai lembaga survei menempatkan PDIP pada urutan pertama, Partai Demokrat tetap harus optimistis.

"Situasi ini memaksa semua partai harus berkoalisi untuk bisa memajukan calon presiden," kata Anies melalui pesan elektronik yang diterima di Jakarta, Rabu (9/4).

Anies optimistis Demokrat dapat memainkan peran signifikan karena Demokrat adalah partai yang paling berpengalaman dalam mengelola koalisi.

"Kedua, Partai Demokrat adalah satu-satunya partai yang tidak terkunci dengan calon presidennya, karena hingga saat ini konvensi masih berlangsung, dan calon presiden belum ditetapkan," kata Anies.

Ketiga dan yang paling penting, menurut Anies, dengan konvensi, Partai Demokrat punya banyak stok bakal capres yang bisa ditawarkan.

"Apalagi bila bicara realitas di masyarakat yang menuntut kebaruan, rasanya berat kalau wajah lama harus berhadapan dengan tokoh baru," ujar Anies.

Anies menyatakan secara umum suara tersebar di partai menengah seperti PKB (9,3 persen), PAN (7,3 persen), Nasdem, PKS, PPP, dan Hanura.

Konvensi

Anies Baswedan mengatakan bahwa konvensi yang dilakukan Partai Demokrat adalah proses yang benar dan patut didukung.

"Dengan konvensi, dia harus mempresentasikan gagasan dan idenya, dilihat rekam jejaknya, pemikirannya, baru diputuskan untuk menjadi calon. Jadi, yang dilakukan Demokrat itu benar," ujar Anies Baswedan.

Anies mengatakan, proses konvensi mengajak masyarakat untuk menentukan calon yang dikehendaki publik, bukan hanya calon yang dikehendaki segelintir orang di dalam partai.

"Misalnya pemilihan bupati, mana yang benar, orang yang mendadak dicalonkan tanpa tahu rekam jejaknya, atau orang yang ditanya dulu gagasannya, pasti orang yang diketahui dulu gagasannya. Konvensi ini adalah proses modern dalam sebuah demokrasi," kata Anies.

Terkait keikutsertaannya dalam konvensi, Anies mengatakan bahwa proses yang benar tersebut membuat Anies maju untuk mencalonkan diri.

Anies percaya, pada pemilu mendatang, seluruh partai akan melakukan proses konvensi, seperti yang dilakukan Demokrat saat ini.

"Saya percaya proses ini akan terjadi di semua partai pada pemilu berikutnya. Karena pemilu berikutnya tidak ada threshold lagi. Pemilu berikutnya menggunakan kebersamaan. Jadi mereka akan melalui proses penentuan capres melalui konvensi," kata Anies. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home