Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:00 WIB | Jumat, 25 November 2016

Donald Trump Undang PM Hungaria Viktor Orban ke AS

Ilustrasi. Presiden terpilih AS Donald Trump dan Wakil Presiden terpilih Mike Pence menyambut Mitt Romney saat tiba di pertemuan clubhouse Trump National Golf Club pada 19 November 2016 di Bedminster, New Jersey.Don EMMERT / AFP

BUDAPEST, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, salah satu pendukung utama Donald Trump di Eropa, mengatakan presiden terpilih Amerika Serikat (AS) tersebut memiliki rasa hormat yang besar terhadap Hongaria dan mengundang dirinya untuk berkunjung ke Washington.

“Saya berbincang dengan presiden baru AS melalui telepon, dan saya dapat mengatakan posisi kami mengalami peningkatan. Donald Trump menegaskan beliau memiliki rasa hormat yang besar terhadap Hongaria,” ujar Orban kepada situs berita Vilaggazdasag, Kamis (24/11).

“Beliau mengundang saya berkunjung ke Washington. Saya bilang saya sudah lama tidak berkunjung ke sana karena saya diperlakukan sebagai kambing hitam, dan beliau menjawab sambil tertawa ‘Saya juga’,” ujar Orban.

Pada Juli lalu, Orban (53) menjadi pemimpin Uni Eropa (UE) pertama yang memberikan dukungan bagi Trump. Ia memuji kebijakan di bidang keimigrasian dan keamanan yang diusulkan miliarder AS tersebut.

Orban juga merupakan salah satu pemimpin dunia pertama yang memberikan selamat kepada Trump setelah ia memenangi pemilu presiden AS.

Pernyataan tersebut mengisyaratkan pergeseran hubungan antara AS, Uni Eropa dan Hongaria sebagai negara anggota NATO.

Setelah memenangkan pemilu pada 2010, Orban sering kali dituding oleh Washington menyingkirkan norma-norma demokrasi dari Hungaria. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home