Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 10:43 WIB | Kamis, 19 Januari 2017

Dubes RI di AS Akan Hadiri Inaugurasi Donald Trump

Donald Trump, ketika berada di lokasi luar Capitol AS di Washington, DC pada tanggal 9 September 2015. (Foto: AFP/ Saul Loeb)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Arrmanatha Nasir, mengatakan Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat akan menghadiri inaugurasi pelantikan Presiden terpilih AS, Donald Trump, di Capitol AS yang terletak di Washington, D.C. pada esok hari Jumat (20/1).

“Dubes RI untuk AS berkedudukan di Washington DC,” kata Arrmanatha kepada satuharapan.com dalam pesan singkat, hari Rabu (18/1) malam.

Sebelumnya dia mengatakan, Indonesia telah menerima undangan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (United States Department of State, DOS).

Menurut Arrmanatha, undangan disampaikan DOS kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amerika Serikat. Namun kemarin sore dia tidak dapat menjelaskan kapan waktu undangan itu diserahkan dan siapa duta besar RI di AS yang dipastikan hadir pada acara itu.

“Undangan yang disampaikan state department adalah kepada corps diplomatik di AS. Dalam hal ini yang terima undangan adalah Dubes RI di AS,” katanya.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, kemarin juga belum mengetahui siapa yang akan hadir di acara pelantikan Donald Trump. Dia mengatakan akan segera menanyakan ke Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi terkait perwakilan Indonesia itu.

“Saya cek ke Bu Menlu (Retno) dulu. Kita belum tahu. Saya belum cek ke Menlu,” kata Pratikno kepada satuharapan.com di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari Rabu (18/1) sore.

Berdasarkan laman Kementerian Luar Negeri, kemlu.go.id, berikut ini daftar perwakilan Indonesia di AS.
Embassy of the Republic of Indonesia in Washington D.C., Ambassador H. E. Budi Bowoleksono
Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations, Ambassador H.E. Dr. Desra Percaya.
Consulate General of the Republic of Indonesia in Houston, Consul General Henk Edward Saroinsong.
Consulate General of the Republic of Indonesia in Los Angeles, Consul General Umar Hadi.
Consulate General of the Republic of Indonesia in New York, Consul General Ghafur Akbar Darma Putra.
Consulate General of the Republic of Indonesia in San Fransisco, Consul General Ardi Hermawan.
Consulate General of the Republic of Indonesia in Chicago, Consul General Andriana Supandy.
Honorary Consulate of the Republic of Indonesia in Hawaii, H.E. Patrick K. Sullivan.

Respons Berbagai Negara

Dunia menanti pelantikan Donald Trump sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat dengan reaksi campur-aduk. Ada yang gembira, ada yang sedih atau cemas.

Rusia, Filipina, Turki dan Suriah dianggap yang bergembira. Presiden Putin, Presiden Rodrigo Duterte, Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Bashar al-Assad, selama ini dipandang memiliki pandangan yang sama dengan Trump.

Lalu siapa yang paling ketakutan?

Menurut Time, ada tujuh negara. Mereka adalah Meksiko, Jepang, Latvia, Estonia, Lithuania, Jerman dan Prancis

Boikot dari Partai Demokrat

Sementara itu, puluhan anggota dewan dari partai Demokrat telah mengumumkan mereka tidak akan menghadiri pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS pada hari Jumat (20/1).

Hingga saat ini sudah ada 55 anggota kongres yang telah menyatakan absen pada hari bersejarah bagi warga AS itu. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah dalam beberapa hari terakhir menjelang pelantikan menyusul penghinaan yang dilakukan Trump kepada anggota dewan, John Lewis yang menurutnya sudah keterlaluan.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home