Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 14:14 WIB | Rabu, 15 Januari 2014

Ecumenical Review Terbitkan Hasil Sidang Raya ke-10 Dewan Gereja-gereja Dunia

Bergandengan tangan di Bexco memanjatkan doa untuk perdamaian dalam Sidang Raya ke-10 WCC. (Foto dari FB WCC)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Berbagai topik bahasan Sidang Raya ke-10 Dewan Gereja-gereja Dunia (WCC) tersedia dalam edisi terbaru  The Ecumenical Review (ER). ER adalah jurnal triwulan WCC.

Sidang Raya ke-10 WCC diadakan di Busan, Republik Korea, dari 30 Oktober-8 November 2013 dengan tema, “Allah kehidupan, bimbing kami pada keadilan dan perdamaian.” Sesi pleno mengeksplorasi tema di bawah rubrik persatuan, misi, keadilan, dan perdamaian.

Empat belas materi di ER termasuk laporan lengkap dari Sekretaris Umum dan moderator WCC, “pesan resmi” Sidang Raya, daftar pernyataan publik dengan tautan ke teks lengkap di internet, pernyataan kesatuan Sidang Raya dan beberapa presentasi dari sesi pleno Sidang Raya dan ibadah akhir.

Potongan-potongan tersebut menyampaikan semangat dan nada pertemuan itu, bersama dengan analisis pekerjaan saat ini dan prospek WCC dan gerakan ekumenis yang lebih besar.

Menurut editor ER, Theodore A. Gill, “Isi dari edisi ini terlalu banyak, tetapi cukup untuk memberi wawasan bagi para peserta yang hadir suatu ‘sikap gereja’ terhadap kesatuan, terhadap pemahaman umum dari gereja. Juga,  sikap gereja terhadap keterbukaan terhadap misi umum dan penginjilan, terhadap pemahaman gereja akan banyaknya elemen yang membangun perdamaian dengan keadilan. Ecumenical Review, seperti biasa, menyediakan ruang  tempat suara-suara beragam dapat dibangkitkan, dan didengar.”

Sedangkan, berbagai laporan komite lainnya, presentasi pleno, khotbah ibadah, dan video dari Sidang Raya ke-12 yang tersedia secara online. Laporan lengkap dan analisis Sidang Raya akan dipublikasikan pada 1 April. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home