Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 22:09 WIB | Sabtu, 04 Juli 2015

Eropa Resmi Nyatakan Yunani Negara Gagal Bayar Utang

Seorang wanita Yunani memegang sebuah bola pantai bertuliskan "Tidak" di Yunani saat sebuah demo pada 3 Juli 2015 untuk menggalang suara "Tidak" dalam referendum yang akan digelar di Athena. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mendesak pemungut suara untuk mengabaikan keresahan Eropa dan memilih "Tidak" dalam referendum pekan ini saat jajak pendapat menunjukkan dukungan lebih banyak untuk suara "Ya". (Foto: AFP/Aris Messinis)

BRUSSEL, SATUHARAPAN.COM -  Yunani secara resmi dalam "default" atau gagal bayar, tetapi pernyataan ini tidak akan memiliki konsekuensi langsung, dana stabilitas zona euro mengatakan dalam sebuah pernyataan, pada hari Jumat (3/7).

Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) menyatakan "sebuah peristiwa gagal bayar oleh Yunani", tetapi menambahkan bahwa mereka telah "memutuskan untuk tidak meminta pelunasan segera pinjamannya atau melepaskan haknya untuk bertindak."

EFSF, yang membantu mendukung negara-negara zona euro dalam kesulitan, menangani utang Yunani kepada pemerintah-pemerintah zona euro dan mempertahankan posisi pinjaman Yunani 144,6 miliar euro (160 miliar dolar AS).

Bos EFSF, Klaus Regling, mengatakan lembaganya adalah "kreditor terbesar Yunani."

"Peristiwa gagal bayar ini menyebabkan keprihatinan yang mendalam," kata dia, menjelang referendum pada hari Minggu (5/7) tentang paket dana talangan (bailout) Yunani.

"Ini melanggar komitmen yang dibuat oleh Yunani untuk menghormati kewajiban keuangannya kepada para kreditornya, dan itu membuka pintu untuk konsekuensi berat bagi ekonomi Yunani dan orang-orang Yunani.

"EFSF akan berkoordinasi secara erat dengan negara-negara anggota kawasan euro, Komisi Eropa, dan IMF tentang tindakan-tindakan masa depan."

Yunani total telah meminjam 240 miliar euro (sekitar Rp3,55 kuadriliun) dari sejumlah pemberi pinjaman termasuk Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Sentral Eropa (ECB) dan pemerintah-pemerintah Eropa.

Dengan status negara default, Yunani kini  sejajar dengan Zimbabwe, Kuba, dan Somalia yang mengalami gagal bayar utang.(AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home