Loading...
INSPIRASI
Penulis: Natasha Vanani Chrisdiana 01:00 WIB | Rabu, 21 Januari 2015

Game Over and Restart

Kita harus berani restart dengan hati legawa.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Legawa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan kata sifat yang berarti dapat menerima keadaan atau sesuatu yang menimpa dengan tulus hati. Sering kali kita siap menghadapi kemungkinan terbaik dari apa pun yang kita lakukan, namun kita tidak siap menerima kemungkinan terburuk meskipun hal tersebut adalah buah dari tindakan kita.

Sebulan lalu saya disibukkan dengan tugas-tugas akhir semester, begitu pula dengan adik tingkat saya. Setelah tugas-tugas itu selesai, kami pun bersiap menanti buah dari apa yang kami pelajari di semester ini yaitu nilai akhir. Nilai saya tidak buruk bahkan cukup baik, tentu saja saya dapat menerimanya dengan legawa.

Namun, nilai adik tingkat saya kurang baik yaitu “D”. Itu berarti ia harus mengulang mata kuliah tersebut pada semester berikutnya. Bahkan matakuliah tersebut harus diambil bersama-sama dengan adik tingkat berikutnya. Tentu saja ia malu dan malas untuk mengulang matakuliah tersebut. Hampir semalaman ia tidak tidur. Ia terus berkata, ”Kak, aku enggak mau ngulang. Enggak mau Kak, pokoknya enggak mau!” Tidak mudah baginya menerima buah dari tindakannya pada semester lalu.

Ketika libur semester tiba, kami tak lagi disibukkan dengan tugas akhir semester. Sehingga awal liburan kami gunakan untuk bermain game sekaligus menanti natal tiba. ”Plant and Zombie” adalah game kecil yang biasa kami mainkan. Game tersebut cukup mengasyikan, ada banyak level mudah, namun ada beberapa level yang sangat sulit. Di level-level sulit tersebut kami sering game over dan harus restart.

Di sini saya tersadar bahwa dalam menghidupi hidup acap sengaja maupun tidak sengaja mengalami game over. Jika kita mau memaknai hidup dan melangkah ke depan tentu kita harus berani restart dengan hati legawa. Dan jika kita berani restart pada saat game over, hidup kita akan sangat mengasyikan sama halnya dengan game. Beranikah kita untuk restart pada hari ini?

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home