Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:55 WIB | Rabu, 27 Juni 2018

Grammy Akan Tambah Nominasi Kategori

Ilustrasi. Piala Grammy. (Foto: tenhomaisdiscosqueamigos.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM — Ajang bergengsi insan musik, Grammy Awards, menambah jumlah nominator dalam kategori teratasnya dari lima menjadi delapan.

Akademi Perekaman memberi tahu anggotanya dalam surat yang diterbitkan pada hari Selasa (26/6) bahwa penambahan nominasi itu “akan secara lebih baik mencerminkan jumlah yang masuk kategori ini dan memungkinkan pemilih lebih fleksibel dalam memilih rekaman terbaik tahun ini.”

Album terbaik tahun ini, lagu terbaik tahun ini, rekaman terbaik tahun ini, dan artis baru terbaik, adalah kategori yang akan terimbas. Perubahan itu terjadi beberapa bulan setelah panitia penghargaan tertinggi dalam industri musik di Amerika Serikat itu, seperti diberitakan VOA, dikritik karena kurangnya nominasi perempuan dalam acara penghargaan tahun ini.

Selama bertahun-tahun penyelenggara Grammy dinilai kurang beragam dalam memilih pemenang pada empat kategori teratas. Penghargaan cenderung diberikan kepada genre musik pop, rock, atau country, bukan penyanyi hip-hop atau R & B, meskipun pada tahun-tahun itu Kanye West, Eminem, dan Mariah Carey diperkirakan menang.

Perubahan lain dalam organisasi itu, adalah mundurnya Neil Portnow, ketua dan CEO The Recording Academy, tahun depan. Portnow, yang memimpin akademi itu sejak tahun 2002, dikritik dalam ajang Grammy tahun ini karena mengatakan perempuan perlu “maju” ketika ditanya tentang kurangnya pemenang perempuan di belakang panggung. Hanya dua perempuan penyanyi yang memenangkan penghargaan dalam siaran langsung tersebut.

Pemungutan suara untuk Grammy 2019 akan berlangsung pada musim gugur dan akan mencakup lagu dan album yang dirilis antara 1 Oktober 2017 dan 30 September 2018.

Penambahan itu, seperti diberitakan billboard.com, mulai diberlakukan untuk hajatan ke-61 Penghargaan Grammy tahun 2019.

Menurut billboard.com, keputusan The Recording Academy itu menggaungkan ekspansi yang dilakukan oleh Academy of Motion Pictures Arts & Sciences pada tahun 2009, ketika menggandakan jumlah nominasi film layar lebar terbaik dari lima hingga 10. Pemikiran di balik perubahan itu adalah memungkinkan lebih banyak blockbuster dinominasikan dalam kategori teratas dan berpotensi memperluas audiensi Oscar.

Belum jelas bagaimana keputusan The Recording Academy akan mempengaruhi penayangan bulan Februari nanti dalam hal pertunjukan. Sebelumnya, biasanya Grammy mencoba menyoroti semua nominasi dalam beberapa cara.

Pesta Grammy Awards akan kembali digelar di Staples Center di Los Angeles pada tahun 2019 setelah beralih ke Madison Square Garden di New York pada tahun 2018.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home