Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 18:54 WIB | Senin, 17 Februari 2014

Hadaka Matsuri: Festival Telanjang Yang Unik di Jepang

Hadaka Matsuri. (Foto: Wikipedia)

OKAYAMA JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Sembilan ribu laki-laki hanya dengan berbalut cawat bergulat dengan satu sama lain dalam pertempuran tahunan untuk menjadi pemilik sepasang tongkat bertuah.

Festival Hadaka Matsuri adalah tradisi suci dan eksentrik di Jepang. Festival ini menampilkan laki-laki setengah telanjang yang bersaing untuk memperoleh tongkat kayu yang disebut Shingi.

Para peserta festival memulainya dengan menceburkan diri dalam siraman air sebagai wujud pembersihan diri tubuh mereka.

Lalu Shingi dilemparkan imam dari atas jendela dengan ketinggian empat meter ke tengah kerumunan massa. Laki-laki yang berhasil memperoleh Shingi dan menyodorkannya ke dalam sebuah kotak kayu yang disebut ‘Masu’ akan terberkati satu tahun penuh kebahagiaan.

Acara ini juga dikenal sebagai Festival Telanjang. Acara ini berlangsung setiap tahun pada hari Sabtu ketiga bulan Februari.

Di masa-masa awal milenium lalu, peserta festival ini akan berdesak-desakan untuk jimat yang terbuat dari kertas. Tetapi karena kertas mudah robek ,maka benda itu harus berubah menjadi sesuatu yang lebih tahan lama. Festival ini sendiri sudah berlangsung 500 tahun lamanya. (Metro.co.uk/ Dailymail.co.uk/Japan National Tourism Organization)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home