Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 14:09 WIB | Kamis, 31 Oktober 2019

Harga Tomat Lampung Naik Jadi Rp7.000/Kg

Pasokan tomat lokal Lampung milik pedagang di pasar, Bandarlampung, Kamis 31/10/2019 (Foto: Antara)

BANDARLAMPUNG, SATUHARAPAN.COM  - Harga tomat lokal Lampung di pasaran kembali naik setelah sempat mengalami penurunan harga dua minggu lalu, menyusul mulai berkurang pasokan dari petani.

"Harga tomat lokal Lampung sekarang Rp7.000 per kilogram, naik Rp3.000 dari harga sebelumnya," kata Asih salah seorang pedagang di pasar Kangkung Teluk Betung, Bandarlampung, Kamis (31/10).

Menurut Asih, tomat lokal dua minggu lalu sempat mengalami penurunan harga karena pasokan melimpah.

"Harga tomat lokal dua minggu lalu sempat turun hingga Rp4.000 per kilogram, karena pasokan dari petani banyak akan tetapi harga saat ini berangsur naik.

Hal senada juga dikatakan oleh Yati salah seorang pedagang di pasar Kota Karang.

"Harga tomat lokal baru saja naik hari ini, kemarin sempat Rp6.000 per kilogram dari Rp4.000, sekarang naik lagi menjadi Rp7.000 per kilogram," ujar Yati salah seorang pedagang sayur di pasar Kota Karang.

Menurutnya, harga tomat lokal beranjak naik karena harga dari pemasok naik, dan pasokan sudah mulai berkurang.

"Harga awal murah karena bertepatan dengan para petani panen tomat lokal, tetapi semakin lama biasanya pasokan agak berkurang, nanti kemungkinan akan turun kalau masa panen kedua datang," katanya.

Kenaikan harga tomat lokal Lampung mendapat respon beragam dari konsumen.

"Sempat kaget sewaktu ingin membeli tomat, saya kira masih harga kemarin Rp4.000 per kilogram ternyata sudah naik, jadi saya hanya membeli seperempat kilogram saja," ujar Dela salah seorang pembeli.

Menurutnya, kenaikan harga tomat lokal tidak begitu membuat warga gelisah, berbeda dengan kenaikan cabai, sebab cabai menjadi salah satu bumbu wajib bagi masyarakat Lampung dan tomat hanyalah pelengkap.

Respons berbeda dikatakan oleh Azizah salah seorang konsumen.

"Saya mengkonsumsi tomat setiap harinya, kemarin saat harga tomat turun saya langsung stok untuk konsumsi rumah tangga, dan sekarang harga tomat berangsur naik jadi saya sedikit mengurangi pembelian tomat, dari awalnya bisa dua kilogram mungkin saat ini menjadi satu kilogram saja," ujarnya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home