Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sotyati 11:09 WIB | Selasa, 22 April 2014

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2019

Ilustrasi Asian Games 2014 yang akan digelar di Incheon, Korea Selatan, 19 September - 4 Oktober 2014, mempertandingkan 36 cabang olahraga dan memperebutkan 437 medali. (Foto: tsmplug.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan Indonesia siap dan memiliki cukup dana untuk menyelenggarakan Asian Games 2019.

Pernyataan itu disampaikan di saat panitia mencari tuan rumah untuk menggantikan Vietnam, seperti dilaporkan kantor berita AP.

Roy mengatakan pada Minggu (20/4), "Indonesia siap dan tidak ada masalah dengan pendanaan."

Tetapi, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo mempertanyakan apakah pemerintah memiliki cukup dana untuk melakukan persiapan yang matang dan layak.

"Ini kan masalah waktu juga.Kalau waktunya tujuh atau delapan tahun lagi mungkin memadai, tapi ini kan praktis tinggal empat tahun lagi," kata Rita kepada BBC Indonesia.

"Kami sudah berbicara dengan Vietnam dan mengetahui secara pasti apa penyebab mereka mundur. Nah, kita tidak ingin seperti Vietnam," ia menambahkan.

Vietnam pekan lalu mengumumkan menarik diri sebagai tuan rumah pesta olahraga Asia itu dan mengatakan tidak memiliki dana.

Rita Subowo mengatakan tim dari Dewan Olimpiade Asia akan mengunjungi Indonesia awal bulan depan untuk menilai kelayakan sebagai tuan rumah acara yang jumlah pesertanya hanya bisa dikalahkan oleh Olimpiade Musim Panas itu.

Surat Dukungan

Pemerintah Indonesia melalui Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora RI, Prof Dr Djoko Pekik Irianto, MKes, seperti bisa dibaca di kemenpora.go.id, pada 2012 sudah menyerahkan Support Letter Resmi Pemerintah Indonesia kepada President Olympic Committee of Asia (OCA), Pangeran Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, berkenaan dengan keinginan menjadi tuan rumah Asian Games 2019.

Penyerahan surat dukungan itu, untuk menunjukkan Pemerintah Indonesia benar-benar mendukung penuh tekad dan keinginan Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya, menggelar hajatan olahraga tertinggi Asia itu.

Surat dukungan yang diserahkan adalah surat dari Kemenko Kesra yang mewakili Pemerintah Pusat, surat Gubernur Jatim yang mewakili Pemerintah Daerah Provinsi Jatim, dan surat dari Komisi X DPR RI yang mewakili Parlemen Indonesia. Penyerahan surat oleh Djoko Pekik tersebut bahkan disaksikan Ketua Umum KOI, Rita Subowo.

Dalam sambutan dan penerimaannya, selain berterima kasih Sheikh Al Sabah mengingatkan surat dukungan tersebut harus ditindaklanjuti upaya nyata dari Indonesia untuk siap bersaing dengan negara-negara lain yang sudah terlebih dahulu mengajukan diri menjadi tuan rumah Asian Games.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home