Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:04 WIB | Sabtu, 30 Juli 2016

Kamboja Jadi Penengah Sengketa Laut Cina Selatan

Klaim wilayah Tiongkok di Laut Cina Selatan yang memicu konflik kawasan. (Foto: dari UNCLOS/BBC)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Kamboja, Prak Sokhon, mengatakan negaranya bekerja di belakang layar untuk menengahi sengketa antara sekutunya, Tiongkok, dan mitra-mitranya di Asia Tenggara di Laut Cina Selatan.

Dia juga membantah tuduhan bahwa Kamboja berpihak kepada Tiongkok dalam pertikaian tersebut, dan menghalangi dikeluarkannya sebuah pernyataan bersama ASEAN minggu ini.

“Yang dilakukan Kamboja dalam hal ini, pertama, mempertahankan posisinya untuk tidak berpihak kepada siapapun, dan khususnya, Kamboja memberi sumbangan besar bagi pencegahan situasi di Laut Cina Selatan semakin memburuk lewat fasilitasi semua pihak,” katanya kepada wartawan di Pnom Penh, hari Jumat (29/7).

Dia mengklaim bahwa Filipina, yang baru-baru ini memenangkan arbitrase dalam pertikaiannya dengan Tiongkok, sepakat untuk tidak memasukkan sebuah paragraf dalam pernyataan bersama itu yang mengacu pada keputusan Mahkamah Arbitrase tersebut.

Komentar-komentar Sokhon muncul menyusul kunjungan oleh Ketua Parlemen Kamboja Heng Samrin ke Tiongkok minggu ini, di mana dia bertemu dengan beberapa pejabat tinggi, termasuk wakil presiden.

Menlu Tiongkok, Wang Yi, hari Senin lalu memuji langkah Kamboja untuk 'abstain' dalam penerbitan pernyataan menyusul keputusan peradilan itu.

Sebelumnya bulan ini, Perdana Menteri Hun Sen mengumumkan dia menyetujui pemberian bantuan dan pinjaman bernilai US$600 juta dari Tiongkok, yang menurut laporan, merupakan imbalan bagi dukungan diplomatik dalam pertikaian Laut Cina Selatan ini.

Cheng Vannarith, seorang analis politik untuk isu kawasan Asia Pasifik mengatakan, sulit untuk mempertahankan citra netral sementara Kamboja terus menerima paket bantuan besar dari sekutunya di utara.​ (voaindonesia)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home