Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 15:34 WIB | Selasa, 01 November 2016

Kerajaan Arab Saudi Pecat Menteri Keuangan

Raja Salman (Foto: SPA)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Arab Saudi memecat menteri keuangan kerajaan tersebut, Senin (31/10), di tengah restrukturisasi ekonomi akibat merosotnya pendapatan negara dari sektor perminyakan.

Ibrahim al Assaf “telah dilengserkan dari jabatannya,” menurut dekret raja, salah satu perintah Raja Salman seperti dilansir kantor berita SPA.

Assaf digantikan oleh Mohammed Aljadaan, kepala Otoritas Pasar Modal yang meregulasi pasar saham.

Menurut penuturan seorang diplomat asing kepada AFP dua pekan lalu, pemerintah sedang membahas wacana untuk mengganti Ibrahim al Assaf (67), yang telah menduduki jabatan tersebut selama 20 tahun terakhir.

Assaf, yang memegang gelar doktor di bidang ekonomi, ditugaskan kembali sebagai menteri negara dan tetap menjadi bagian dari jajaran kabinet.

Aljadaan, yang merupakan seorang pengacara, memimpin Otoritas Pasar Modal sejak Januari tahun lalu.

Sejak 2014, harga minyak dunia anjlok sekitar 50 persen sehingga mendorong pemerintah Arab Saudi berusaha untuk tidak hanya mengandalkan sektor perminyakan yang hingga kini menyumbang sebagian besar pendapatan negara.

Eksportir minyak terbesar di dunia tersebut memproyeksikan defisit anggaran pada tahun ini mencapai 87 miliar dolar Amerika (setara Rp1,13 kuadriliun).(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home