Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:43 WIB | Senin, 07 Maret 2016

Kolombia Laporkan Lebih dari 47.700 Kasus Zika

Sebanyak 8.890 wanita hamil telah turun dengan penyakit, yang telah tentatif terkait dengan cacat lahir yang serius yang dikenal sebagai microcephaly mempengaruhi bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi saat hamil (Foto: AFP Photo / Luis Robayo).

BOGOTA, SATUHARAPAN.COM - Kolombia telah mencatat 47.700 kasus virus Zika, termasuk ribuan perempuan hamil yang terinfeksi virus tersebut, lapor Lembaga Kesehatan Nasional (National Health Institute/NHI), Sabtu (5/3).

Total 8.890 perempuan hamil telah terjangkit penyakit itu, yang sementara waktu dikaitkan dengan kasus lahir cacat atau disebut mikrosefalus yang memengaruhi bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi saat hamil.

Dari 47.711 kasus yang dilaporkan saat ini, 5.065 kasus tercatat pada pekan lalu. Di antara jumlah itu, 1.237 kasus dialami oleh perempuan yang sedang hamil.

Meski gejala penyakit itu secara umum ringan, seperti demam ringan, sakit kepala dan nyeri sendir, penyebaran cepat virus zika telah meningkatkan kewaspadaan di Amerika Latin karena keterkaitannya dengan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Selain hubungannya dengan penyakit mikrosefalus, Zika juga diduga menyebabkan sindrom Guillain-Barre (SGB), sebuah gangguan syaraf.

Virus tersebut, menginfeksi orang-orang di 282 kota di Kolombia, 67 persen di antaranya perempuan. Kelompok usia 25 hingga 29 tahun memiliko risiko terkena dampak paling besar, mencakup sekitar 14 persen kasus.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home