Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 15:54 WIB | Rabu, 25 Januari 2017

KPU DKI: Debat Kedua Diharapkan Peserta Menjawab Lebih Fokus

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno (tengah) memberi keterangan terkait debat publik Pilkada DKI Jakarta dalam konferensi pers di Kantor KPU DKI Jakarta, hari Rabu (25/1). (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Debat Publik kedua Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada hari Jumat (27/1), di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno mengatakan bahwa pada debat kedua ini ketiga pasangan calon akan diminta menjawab pertanyaan sesuai tema yang ditetapkan oleh KPU yaitu "Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik dan Perencanaan Tata Ruang dan Wilayah".

‘Ada yang berbeda pada debat kedua nanti yaitu durasi debat‎ yang lebih panjang dari 90 menit menjadi 120 menit," kata Sumarno dalam konferensi pers persiapan debat publik calon gubernur DKI Jakarta di Kantor KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusat, hari Rabu (25/1).

Terkait moderator yang sebelumnya hanya dikawal oleh satu moderator, menurut Sumarno, kini KPU DKI menunjuk dua mederator yakni Tina Talisa mantan presenter televisi dan Guru Besar Adminstrasi Publik Universitas Indonesia Prof.Dr. Eko Prasodjo.

“Debat kedua KPU DKI Jakarta menunjuk dua moderator,” kata dia.

Perubahan ini dilakukan setelah KPU melakukan evaluasi debat sebelumnya dan menerima masukan dari berbagai kalangan. Diharapkan out put debat nanti akan semakin fokus pada substansial.

“Pola dua mo‎derator ini dimaksudkan untuk menjaga agar pertanyaan dan jawaban peserta fokus pada substansi tema namun tidak juga menghilangkan unsur show debatnya. Sebelum ditetapkan KPU, sudah menelusuri rekam jejak kedua moderator ini dan dipastikan tidak terafiliasi dengan pasangan calon atau partai manapun,” kata Sumarno.

Semarno menegaskant bahwa seluruh pihak yang terlibat yaitu tim perumus materi, moderator maupun televisi penyelenggara telah menandatangai pakta integritas untuk menjaga netralitas, profesionalitas dan integritas dalam penyelenggaraan debat kedua ini.

Dalam debat publik kedua nanti, kata Sumarno KPU Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Metro TV, I News TV serta TVI DKI dan Banten TV ditayangkan langsung pada pukul 19.30 WIB dari ruang Birawa Hotel Bidakara.

"Debat publik juga akan direplay oleh NET, TV One, Jawa Pos TV, SCTV, CNN Indonesia, Kompas TV, Jak TV, Berita Satu dan RTV juga beberapa radio berita dan streaming media online," tambah dia.

Distribusi Logistik Pemilih

Mengenai perkembangan distribusi Pilkada DKI Jakarta 2017 berupa surat suara, tinta, alat bantu tuna netra dan stiker telah didistribusikan ke KPU Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi DKI Jakarta.

“Khusus surat suara, saat ini sedang dalam proses pensortiran dan pelipatan di gudang logistik masing-masing KPU Kab/Kota, untuk logistik yang lain sedang dalam proses pengadaan dan akan selesai dalam minggu ini,” kata Sumarno.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home