Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:00 WIB | Jumat, 01 Agustus 2014

Kualifikasi Liga Eropa: Lyon Benamkan Boleslav 1-4

Jasmin Scuk (kiri, Mlada Boleslav) mencoba mengoper bola akan tetapi dihadang Steed Malbranque (kanan, Olympique Lyonnais). (Foto: olweb.fr).

BOLESLAV, SATUHARAPAN.COM – Klub yang mengakhiri peringkat keempat Liga Prancis akhir musim lalu, Olympique Lyonnais (OL) mengawali kiprah yang gemilang pada kompetisi Liga Eropa.

Hal ini mereka buktikan pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Mestsky, Boleslav, Republik Ceska, Jumat (1/8) dini hari WIB, dengan mempermalukan tuan rumah Mlada Boleslav, klub sepak bola asal Republik Ceska dengan kedudukan 1-4.

Kompetisi Liga Eropa (Europa League) merupakan kompetisi antar klub yang diperuntukkan bagi klub-klub di benua Eropa yang tidak menjadi juara di liga lokal, namun menempati peringkat ketiga hingga kelima di masing-masing kompetisi.   

Pelatih OL, Houbert Fournier tidak dapat menurunkan para pemain andalan seperti Dabo, Gouidea Fofana, Yoann Gourcuff, dan Clement Grenier karena cedera. Pemain rekrutan baru asal Aljazair, Nabil Fekir pun menghuni bangku cadangan sementara Henri Bedimo yang baru sembuh dari cedera juga tidak masuk susunan utama dan duduk bersebelahan dengan Fekir.

OL membuka gol yang berawal dari bola lemparan ke dalam. Si kulit bundar diumpankan Samuel Umtiti kepada Alexander Lacazette, penyerang tim nasional Prancis ini tanpa berlama-lama memberikan bola ke Mouhammed Yattara yang telah bersiap di kotak penalti, walau dikawal dua bek Boleslav, Antonin Rosa dan Jakub Navratil, penyerang berkebangsaan Guinea itu dapat menciptakan gol lewat sundulan kepala sehingga OL unggul 1-0.

OL sempurna dalam bertahan di babak pertama karena berhasil menghadang peluang 100 persen gol dari Boleslav, yakni saat penjaga gawang OL, Anthony Lopes menepis bola tendangan penalti penyerang Boleslav, Florian Milla  menit ke-33. Keberhasilan mengagalkan penalti itu menambah kepercayaan diri OL hingga tercipta gol kedua bagi OL yang tercipta menit ke-36 lewat sundulan Maxime Gonalons hasil umpan tendangan penjuru yang dilepaskan Arnold Mvuemba.

Boleslav melakukan pergantian di lini depan mereka yakni dengan memasukkan Pavel Sultes yang mengisi posisi Lukas Magera yang berposisi gelandang. Satu lagi yakni Mljan Vukadinovic mengisi posisi yang ditinggalkan Jan Stohanzl, para pemain tersebut ditarik keluar pelatih Boleslav, Karel Jarolim karena dianggap kurang bertenaga di lini penyerangan Boleslav.

Bagaimana pun juga OL tetap lebih solid, dan anak asuh Fournier berhasil menambah gol ketiga lewat Yattara menit ke-47, penyerang Guinea ini mencetak gol ketiga dan berterima kasih kepada rekannya, Jordan Ferri yang memberi bola tepat dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Antonin Rosa memperkecil kekalahan Boleslav menjadi 1-3 menit ke-66 setelah menerima bola dari tendangan pojok yang dieksekusi Jasmin Scuk.OL menutup kemenangan menjadi 1-4 melalui gol Samuel Umtiti hanya dua menit setelah gol Antonin Rosa. OL akan kembali menghadapi Mlada Boleslav pada Jumat (8/8) dini hari WIB di Stadion Gerland, Lyon.

Hasil pertandingan lainnya: Shakhter Karagandy 4-2 Hajduk Split, FC Astana    1-1 AIK Solna, FK Neftchi  0–0 Chikhura, Astra Giurgiu 3-0 Liberec, Dinamo Moscow  1-1 Ironi Kiryat Shmona, Elfsborg  4-1 FH Hafnarfjordur, Omonia Nicosia 3-0 Fk Metalurg Skopje, Ruch Chorzow  0-0 Esbjerg,  Brommapojkarna 0-3 Torino, Dinamo Minsk 1-0 CFR Cluj, IFK Gothenburg 0-1 Rio Ave, Karabukspor 0-0 Rosenborg, PSV Eindhoven 1-0 SKN St. Polten, Trencin 0-0 Hull City, Young Boys  1-0 Ermis Aradippou, Zorya 1-1 Molde, Petrolul Ploiesti  1-1 Viktoria Plzen, RNK Split  2-0 Chornomorets Odessa, Vikingur 1-5 Rijeka, Zulte-Waregem  2-5 Shakhtyor Soligorsk. (soccerway.com/ olweb.fr).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home