Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:34 WIB | Senin, 21 Juli 2014

Lutheran Tanah Suci Serukan Akhiri Dendam di Palestina

Ahmad, mahasiswa auto-mekanik di Pusat Pelatihan Kejuruan LWF di Ramallah. LWF telah menyediakan pelatihan kejuruan kepada pemuda Palestina sejak 1949. (Foto: LWF)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Bishop Dr Munib A. Younan Gereja Lutheran Injili di Yordania dan Tanah Suci (Evangelical Lutheran Church in Jordan and the Holy Land/ELCJHL) telah menyerukan penghentian segera dan tanpa syarat dari permusuhan antara Israel dan Palestina, yang telah menyebabkan hilangnya nyawa warga sipil, penderitaan manusia, dan menanamkan rasa takut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan dari Yerusalem, Younan, yang juga Presiden The Lutheran World Federation (LWF), mengatakan bahwa banyak orang di wilayah tersebut mengalami depresi, frustrasi dan bertanya-tanya tentang masa depan Palestina dan Timur Tengah, menyusul eskalasi kekerasan baru-baru ini.

“Yang diperlukan Palestina dan Israel saat ini adalah keadilan, damai, dan bermartabat. Bukan radikalisasi, balas dendam, dan pertumpahan darah yang dipromosikan oleh dukungan diplomatik atau militer sepihak terhadap kedua kelompok,” kata Younan, Kamis (17/7).

Permintaannya untuk penghentian segera permusuhan disampaikan juga oleh Sekretaris Umum LWF Pendeta Martin Junge, yang menyebut gelombang baru kekerasan ini sebagai “eskalasi kegilaan” yang akan menghasilkan kehancuran semua pihak.

Younan mengatakan gerejanya—yang selalu mengecam kekerasan sebagai cara menyelesaikan konflik—mengaku sangat terganggu dengan penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel dan penculikan balasan dan membakar hidup-hidup seorang remaja Palestina, yang memicu gelombang kekerasan saat ini.

“Kami sangat mengecam kedua tindakan ini sebagai tindakan tidak manusiawi dan keji,” kata Uskup Tanah Suci.

Uskup juga secara tegas mengecam penembakan sembarangan roket oleh Hamas terhadap sasaran sipil dan blokade Israel yang sedang berlangsung dan pengeboman terhadap Gaza, yang mengakibatkan kematian lebih dari 200 orang, 80 persen di antaranya adalah warga sipil, dan 20 persen termasuk anak-anak.

“Kedua ekspresi kekerasan merupakan pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional dan hukum hak asasi manusia internasional. Dan, ini harus segera berakhir,” kata Younan.

Dia menyatakan kekhawatiran ELCJHL bahwa kekerasan saat ini akan memaksa orang-orang Kristen Palestina terus beremigrasi. Dan, ia mendesak mereka untuk tinggal dan bekerja untuk perdamaian dan keadilan, bertindak sebagai pembangun jembatan. Pengepungan Israel di Gaza harus ditinggalkan; dukungan material untuk kerja sama agama dan pembangunan perdamaian harus disediakan oleh masyarakat internasional, kata Younan.

“Tolong jangan tinggalkan kami sendirian berjuang pada saat ini. Seluruh Timur Tengah mendidih,” uskup mendesak.

Dalam menyerukan gencatan senjata segera dan negosiasi politik untuk mengatasi situasi Palestina, Junge menekankan dukungan sepenuh hati dan suara kenabian LWF itu untuk ELCJHL, dan juga sebagai pekerjaan yang termasuk pendidikan, dialog antaragama dan pembangunan perdamaian.

“Belum pernah sebelumnya suara moderasi dan seruan ELCJHL  untuk dialog lebih penting. Belum  pernah sebelumnya pelayanan ELCJHL di kalangan pemuda dan pendidikannya lebih penting daripada saat ini dalam rangka untuk mendorong perdamaian. “

Junge mendesak gereja-gereja anggota LWF untuk terus juga mendukung pelayanan LWF di Tanah Suci, termasuk Rumah Sakit Victoria Augusta di Bukit Zaitun dan pusat-pusat pelatihan kejuruan dan program LWF Yerusalem yang memberdayakan pemuda.

Dia meminta gereja-gereja anggota LWF juga melobi pemerintah masing-masing untuk mendukung Otoritas Palestina untuk mempertahankan pelayanan sosial dasar, yang telah terganggu oleh kekerasan baru-baru.

Sekum menegaskan kembali posisi LWF di konflik Israel-Palestina selama bertahun-tahun-dimulainya kembali pembicaraan perdamaian langsung untuk mencapai perdamaian yang komprehensif dan berkelanjutan dan solusi dua negara berdasarkan perbatasan 1967. (lutheranworld.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home