Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:38 WIB | Selasa, 10 Desember 2013

Menag di NTT: Rukun Itu Indah, Mari Katong Jaga

Gerak Jalan Kerukunan bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Ariffin, pada Sabtu yang lalu (07/12). (Foto: kemenag.go.id)

KUPANG, SATUHARAPAN.COM - Menteri Agama (Menag) RI, Suryadharma Ali melakukan gerak jalan kerukunan dengan berbagai komponen masyarakat di Kupang, pada Senin (9/12) di Nusa Tengara Timur.

“Rukun itu indah, Mari Katong jaga,” kata Suryadharma Ali yang disambut tepuk tangan peserta dalam pelepasan rombongan gerak jalan kerukunan, yang dimulai dari halaman Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) NTT, Jalan Eltari II Kupang dan finish di tempat yang sama.

“Gerak jalan ini menyehatkan kita tentang dua hal, yakni sehat jasmani dan sehat rohani. Selain sehat jasmani, jiwa kita juga sehat dan damai karena hidup dalam kerukunan” ungkap Menag.

Usai gerak jalan, Menag kemudian meninjau Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) yang masih “numpang” di MAN Model, di Jalan Lapangan Tembak, Kupang.

“Silaturahmi ini adalah dalam rangka mengukuhkan kerukunan kita, baik intern maupun ektern umat beragama. Bukan karena kerukunan antarkita sedang bermasalah. Kerukunan tidak mengenal kata berhenti, tidak ada titik. Kerukunan adalah sesuatu yang dinamis,” kata Menag.

Menag mengingatkan bahwa  kerukunan adalah masalah sensitif. “Ada saja persoalan kecil tentang agama, dikipas-kipasi, dikompor-kompori. Ada saja provokator yang membuat masalah kecil jadi besar. Dari ada menjadi tidak ada. Karena itu, kita harus terus bertemu, berkomunikasi dan saling bersilaturahmi” ajak Menag.

 “Hari ini, bulan ini atau tahun ini mungkin kita rukun. Namun, belum tentu, esok kita masih rukun. Kerukunan merupakan sebuah proses yang terus berlanjut. Oleh karena itu, kerukunan ini jangan membuat kita terlena. Kita harus terus memupuk kerukunan yang ada di sekitar kita,” imbau Menag.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ke NTT itu,  Menag juga menyepatkan diri  bersilaturahmi dengan para tokoh agama dan masyarakat NTT. Hadir dalam kesempatan itu, Dirjen Pendidikan Islam, Nur Syam, Dirjen Bimas Katolik, Semara Duran Antonius, Dirjen Hindu, IGB Yudha Triguna, Kakanwil NTT,  Eusabius Binsasi, Wakil Gubernur NTT, Eston L Foenay, Kapolda NTT, Brigjend Polisi I Ketut Untung Yoga Ana, Ketua FKUB NTT, Romo Agus Pareira, serta para tokoh agama dan masyarakat NTT lainnya.

Sebelumnya, Suryadharma Ali melaksanakan Gerak Jalan Kerukunan bersama Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, Abdul Halim di halaman Walikota Banjarbaru, Banjarmasin, pada Sabtu yang lalu (07/12). (Pinmas)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home