Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 21:43 WIB | Kamis, 11 Juni 2015

Mengintip Wajah Baru Stasiun Kereta Palmerah

Mengintip Wajah Baru Stasiun Kereta Palmerah
Seorang petugas kebersihan saat membersihkan lantai stasiun kereta Palmerah Jalan Gelora, Jakarta Barat yang sudah selesai direnovoasi dan sudah beroperasi ramai dikunjungi para penumpang. Stasiun kereta yang mulai beroperasi pada, Sabtu (6/6) lalu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 10 Juni kemarin, namun karena berhalangan akhirnya peresmian diundur dan belum dapat direncanakan kembali. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Mengintip Wajah Baru Stasiun Kereta Palmerah
Para penumpang yang barus saja tiba saat melintas di pintu masuk dan keluar stasiun Palmerah yang berjumlah 12 pintu merupakan salah satu bagian untuk memudahkan para penumpang.
Mengintip Wajah Baru Stasiun Kereta Palmerah
Para penumpang yang melintas di pintu masuk dan keluar stasiun Palmerah yang baru saja rampung direnovasi dan mulai beroperasi untuk melayani transportasi para penumpang.
Mengintip Wajah Baru Stasiun Kereta Palmerah
Ruang loket yang berjumlah tujuh sudah mulai beroperasi saat melayani para penumpang ke tempat tujuan.
Mengintip Wajah Baru Stasiun Kereta Palmerah
Suasana stasiun kereta Palmerah yang tampak seperti kubah sudah mulai beroperasi sejak Sabtu (6/6) lalu dan sampai saat ini belum diresmikan secara langsung oleh instansi terkait.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Stasiun kereta Palmerah, Jakarta Barat sudah mulai beroperasi. Stasiun yang direnovasi sejak 2014 lalu pada, Sabtu (6/6) sudah dibuka kembali untuk melayani para penumpang.

Bangunan stasiun berlantai dua tersebut kini sudah mulai bisa dinikmati oleh para penumpang kereta yang ingin berpergian ke tempat tujuan masing-masing. Secara fisik bangunan gedung yang berbentuk kubah tersebut hampir 100 persen, namun beberapa fasilitas seperti lift belum dapat dioperasikan. Sementara pintu masuk dan keluar untuk para penumpang yang berjumlah 12 pintu beberapa masih ada perbaikan secara sistem.

Secara formal stasiun Palmerah belum diresmikan. Menurut Hubungan Masyarakat Kereta Api Indonesia (Humas KAI) Bambang Setio Prayitno  rencanannya pada 10 Juni kemarin akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, namun karena sedang ada acara keluarga akhirnya kami diundur, ujarnya saat melakukan kunjungan ke stasiun Palmerah.

Stasiun Palmerah yang terletak di Jalan Gelora, Jakarta Barat sebelumnya memiliki empat jalur, namun sekarang hanya tinggal dua jalur. Sejarahnya stasiun ini mulai beroperasi pada periode 1899 sampai 1900. Jalur kereta tersebut dibuka untuk pengembangan trem uap dari Batavia menuju Tangerang.

Pada abad ke-19 kondisi pusat kota Batavia menuju Palmerah sangatlah padat yang dipenuhi oleh para pelawat, pedagang, pejalan kaki, pemikul, kargo kereta kuda dan juga kendaraan roda empat yang melintas stasiun Palmerah dengan berbagai keperluan, khususnya perdagangan.

 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home