Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 07:38 WIB | Jumat, 11 Juli 2014

PBB Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Seorang pemuda Palestina melompati reruntuhan mobil akibat gempuran roket Israel, Kamis (10/7). (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon pada Kamis (10/7) mengimbau gencatan senjata antara Israel dan militan Palestina. Ia menyerukan kepada masyarakat internasional agar melakukan segala upaya untuk menghentikan kekerasan yang meningkat di Gaza.

"Kondisi sekarang lebih mendesak daripada sebelumnya untuk mengembalikan ketenangan dan kesepakatan gencatan senjata," katanya kepada sebuah pertemuan dadakan Dewan Keamanan PBB di New York.

Ban mengatakan Hamas dan kelompok Jihad Islam telah menembakkan lebih dari 550 roket dan mortir dari Jalur Gaza ke Israel dalam beberapa hari terakhir dan Israel telah meluncurkan lebih dari 500 serangan udara di Gaza.

Sebanyak 86 warga Palestina, banyak dari mereka warga sipil, dilaporkan tewas dan 339 lainnya luka-luka, dengan sekitar 150 rumah hancur atau rusak parah dan hampir 900 orang mengungsi, katanya.

Ban mengatakan bahwa semua pihak, termasuk kelompok-kelompok bersenjata Palestina, harus menghormati hukum internasional.

Putin Desak Israel

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis menyerukan diakhirinya aksi kekerasan di Gaza dalam pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Pihak Rusia menekankan perlunya untuk sesegera mungkin menghentikan konfrontasi bersenjata, yang menyebabkan beberapa korban di kalangan warga sipil," kata Kremlin setelah panggilan di antara kedua pemimpin.

Putin dan Netanyahu juga membahas hubungan bilateral dan "beberapa masalah lain yang menjadi kepentingan bersama," kata Kremlin, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Panggilan berlangsung atas inisiatif pihak Israel, tambah pihak pemerintahan Putin.

Pada Selasa, Israel melancarkan Operation Protective Edge, dengan serangan menewaskan lebih dari 80 warga Gaza hingga saat ini. Sejauh ini belum ada kematian dari pihak Israel. (AFP)

Perjuangan rakyat Palestina bukan perjuangan agama, melainkan perjuangan rakyat menentang kolonialisme. Topik-topik berkaitan dengan itu dapat Anda baca pada artikel berikut:

Betlehem di Antara Natal dan Kemerdekaan Palestina
Kisah Orang Kristen di Gaza, Palestina
Biara di Gaza Diteror
Dubes Palestina Ucapkan Selamat HUT RI, Indonesia adalah Role Model bagi Palestina


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home