Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 04:50 WIB | Jumat, 12 Oktober 2018

Pesta Boneka #6 Siap Digelar

Ilustrasi poster Pesta Boneka #6 2018. (Foto: Papermoon Puppet Theatre)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 29 grup/seniman lintas disiplin dari tujuh belas negara di antaranya Indonesia, Jepang, Thailand, Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Australia, Polandia dan Prancis akan terlibat dalam presentasi karya dalam Pesta Boneka #6 yang akan berlangsung di beberapa tempat/venue selama 12-14 Oktober 2018. Seniman dari Indonesia yang terlibat seperti Komunitas Sakatoya, Pedalangan, Ayo Dongeng Indonesia.

Pesta Boneka merupakan sebuah festival teater boneka dua tahunan (International Biennale Puppets Festival) berskala internasional yang dihelat oleh Papermoon Puppet Theatre sejak tahun 2008. Pesta Boneka tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keenam kalinya. Pesta Boneka merupakan sebuah ruang untuk bertemu dan berinteraksi, tidak hanya bagi para seniman teater boneka dari Indonesia dan berbagai penjuru dunia, namun juga bagi siapa saja. Melalui Pesta Boneka, publik diharapkan bisa melihat bagaimana teater boneka digunakan dan berperan dalam menyampaikan pesan, dan ikut terlibat di dalamnya. 

Pesta Boneka #6 mengambil tajuk “The Journey” dengan beberapa program yang telah dilaksanakan sejak September lalu meliputi 17 workshop/lokakarya, screening film animasi, bincang seniman, serta pementasan/presentasi karya. Pesta Boneka tahun ini mengajak semua orang untuk merayakan makna atas sebuah perjalanan, pengalaman, dan penghargaan atas keragaman budaya dan kultur yang ditemui.

"Tahun ini untuk pertama kalinya Pesta Boneka membuka pendaftaran (open calls) bagi peserta. Proses kurasi dilakukan oleh tim mulai dari profil seniman hingga proses kekaryaannya. Dan yang terpenting, keinginan seniman itu sendiri untuk berbagi." jelas Maria Tri Sulistyani dalam jumpa media, Senin (8/10) siang di Cafe Tujuan-Yogyakarta .

Lebih lanjut Ria menjelaskan bahwa presentasi dan workshop/lokakarya Pesta Boneka #6-2018 oleh kedua puluh sembilan grup/seniman akan dihelat di  IFI Yogyakarta dan Java Poetry Resto (12 – 13 Oktober 2018) dan Desa Kepek – Bantul (14 Oktober 2018). Pemilihan lokasi yang berbeda, tidak hanya dalam artspace tapi juga di desa, bertujuan memberikan tantangan bagi para seniman untuk saling berinteraksi, mengeksplorasi seluas-luasnya, dan menghasilkan karya baru.

Pesta Boneka #6 terbuka bagi publik yang ingin menyaksikan pertunjukan-workshop/lokakarya dan tidak dipungut biaya. Pengunjung cukup memberikan donasi berupa buku cerita anak (non-religi).

Informasi selengkapnya terkait Pesta Boneka #6 - 2018 bisa diakses pada laman www.papermoonpuppet.com, kanal-kanal media sosial Instagram: @pesta_boneka / @papermoonpuppet, twitter: pestaboneka/ @papermoonpuppet, facebook: Papermoon Puppet Theatre, Indonesia, atau bisa menghubungi penyelenggara melalui surat elektronik (E-mail): papermoonpuppet@gmail.com.

 
Zuri Hotel
Back to Home