Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:03 WIB | Kamis, 24 Maret 2016

Rekayasa Lalin Ruas Tol Jakarta - Cikampek Antisipasi Libur Paskah

Ilustrasi. (Foto; lantas.polri.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mengantisipasi terjadinya Kepadatan volume kendaraan, yang diperkirakan akan mengalami kenaikan di beberapa gerbang tol (GT) selama libur Paskah 24-27 Maret 2016, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan beberapa langkah antisipatif, untuk mengurai kepadatan lalu lintas di beberapa titik.

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Christantio Prihambodo mengatakan, seperti yang dikutip dari lantas.polri.go.id. bahwa hal ini dilakukan mengingat pengalaman macet total saat Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, Sejumlah rekayasa akan dilakukan di beberapa titik diantaranya :

-Pada simpang susun (interchange) Cikunir Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), akan diberlakukan sistem buka/tutup lalu lintas dari arah Rorotan menuju Cikampek, dengan prioritas utama dari arah Cawang, dan Jatiasih menuju Cikampek.

-Buka tutup juga dilakukan di Tempat Istirahat  (TI) Ruas Jakarta-Cikampek (TIP Km 19+000/A ,TI Km 33+000/A, TI Km 39+000/A, TI Km 62+000/B) dan Tempat Istirahat Ruas Purbaleunyi (TIP 97/B).

-Dalam kondisi darurat saat antrian kendaraan sangat padat, akan dilakukan pengoperasian contra flow di sekitar wilayah TI.

-Pengalihan arus lalu lintas juga, akan dilakukan di Tol JORR Ramp 3 Cikunir melalui Gerbang Tol Kalimalang 2, dan akan dilakukan juga jika antrian kendaraan telah mencapai Km 40 di Jatiasih, Km 2 (Halim) Ruas Tol  Jakarta-Cikampek, dan Km 3 (Pancoran) Ruas Tol Dalam Kota.

Nantinya, untuk mengantisipasi juga terdapat petugas yang memantau arus lalu lintas pada saat terjadi antrian panjang di lokasi yang berpotensi padat, seperti Ruas Tol Cikunir-Jatiasih, TI Km 19 Ruas Jakarta-Cikampek, Gerbang Tol Cikarang Utama dan Jalur Utama.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordiansi dengan pihak Kepolisian, dengan menyiagakan petugas Korlantas untuk lokasi I/C Cikunir, petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya, dan Polda Jawa Barat di simpul-simpul kemacetan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jagorawi.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home