Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:17 WIB | Kamis, 05 September 2013

Robin Thicke Merajai Tangga lagu Billboard Selama 19 Minggu

Robin Thicke. (foto: www.capitalfm.co.ke)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM – Karier Robin Thicke selama lebih dari 10 tahun dan membuahkan enam album akhirnya mendapatkan hasil memuaskan. Album terakhirnya merajai tangga lagu nomor satudi Billboard dan top40charts.net selama 19 minggu. Single andalannya berjudul Blurred Lines.

Menurut Billboard, salah satu tangga lagu tepopuler di Amerika, Blurred Lines mampu terjual sebanyak 177.000 keping pada minggu pertama. Penjualan tersebut mengalahkan angka penjualan perdana pada album sebelumnya, yaitu Something Else dengan angka penjualan 137.000 pada 2008. Sampai saat ini, 22 minggu setelah dipasarkan, ia berhasil menjual lima juta keping hanya di pasar Amerika Serikat.

Kontroversi dan Kritik

Lagu ini mengundang banyak kontroversi dan kritik. Salah satunya kritik datang dari Tricia Romano dari The Daily Beast yang menduga lagu dan video tersebut meremehkan persetujuan seksual. Ia mengungkapkan bahwa banyak perempuan yang tidak nyaman dengan lirik dan video musik tersebut. Para feminis mengartikan lagu itu sebagai promosi budaya perkosaan. Judul lagu Blurred Lines dan bagian lirik “I know you want it” menginterpretasikan bahwa kata tidak bukan berarti tidak mau dan dalam video tersebut bahkan beberapa perempuan menginginkannya.

Bahkan beberapa waktu lalu lagu Blurred Lines sempat diparodikan oleh tiga mahasiswa dari Universitas Auckland dengan mengubah judulnya menjadi Defined Line. Dalam video ditampilkan tiga vokalis perempuan berpakaian lengkap bernyanyi dan menari. Dalam video tersebut ada pula tiga orang laki-laki berpakaian minim. Berkebalikan dengan video Blurred Lines.

Olivia Lubbock, salah satu pencipta lagu ini menanggapi bahwa kritikan tersebut sangatlah lucu ketika mereka memarodikan lagu dan video itu dengan cara membalikkan situasi dan menjadikan pria-pria tersebut sebagai modelnya.

Profil Robin Thicke

Robin Charles Thicke adalah anak dari aktor bernama Alan Thicke. Ia adalah peraih grammy award yang memenangkan nominasi penulis lagu R&B Amerika, produser dan aktor. Thicke memulai kariernya pada 2003 dengan albumnya yang berjudul A Beautiful World. Pada 2006 ia kembali membuat album yang berjudul The Evolution of Robin Thicke. Lalu, Something Else (2008), Sex Therapy (2009), dan Love After War (2011).

Ia menikah dengan Paula Patton dan memiliki anak laki-laki bernama Julian Fuego. (USA Today, Billboard.com, top40charts.net dan wikipedia.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home