Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta 09:05 WIB | Senin, 16 September 2013

Sekjen PBB: Penting, Generasi Baru Ciptakan Atmosfer Bumi yang Sehat

Ban Ki Moon, Sekretaris Jenderal PBB (foto: un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sekjen PBB, Ban Ki Moon menekankan pentingnya tercipta tercipta atmosfer bumi yang baik melalui perlindungan lapisan ozon, sehingga tercipta kualitas udara dan kehidupan yang baik. Ban Ki Moon menyampaikan pesan tersebut pada Minggu (15/9) dalam rangka Hari Pelestarian Lapisan Ozon Internasional yang jatuh tiap 16 September.

“Pada dewasa ini, ada tantangan luar biasa bagi dunia ini, dan membutuhkan respons luar biasa cepat dari setiap orang. Satu generasi yang lalu, negara-negara di dunia sepakat untuk bertindak secara definitif untuk melindungi lapisan ozon, memulai proses antar pemerintah,” demikian pesan tersebut.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tema peringatan Hari Pelestarian Lapisan Ozon Internasional tahun ini adalah “Atmosfer Sehat, Masa Depan yang Kita Inginkan” (A healthy atmosphere, the future we want).

Majelis Umum PBB pada 1994 telah menetapkan 6 September sebagai Hari Pelestarian Lapisan Ozon Internasional, penetapan ini mengacu kepada Protokol Montreal yang telah ditandatangani pada 1987 yakni tentang resolusi bahan yang merusak lapisan ozon.

Melalui peringatan ini setiap negara diundang menyatakan keprihatinan terhadap lapisan pelindung bumi yang menipis, sekaligus mempromosikan kegiatan sesuai dengan tujuan protokol dan amandemennya masing-masing karena lapisan ozon adalah lapisan yang melindungi bumi dari bagian berbahaya sinar matahari.

Ban Ki Moon menambahkan bahwa sesungguhnya perlindungan lapisan ozon penting artinya guna memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya banyak negara untuk mengatasi perubahan iklim, lebih jauh lagi, lapisan ozon telah melindungi kesehatan manusia dan ekosistem dengan membatasi radiasi ultraviolet yang berbahaya dan mungkin akan mencapai bumi. (un.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home