Loading...
HAM
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:17 WIB | Kamis, 26 Mei 2016

Sekolah Aktifkan Pandawa Care untuk Cegah Kekerasan Anak

Aplikasi berbasis android Pandawa Care bertujuan mengatasi kekerasan dan diskriminasi terhadap anak, yang diluncurkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) . (Foto: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Divisi Pengawasan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Maria Advianti, meminta kepada seluruh pihak sekolah untuk aktif menggunakan aplikasi ‘Pandawa Care’.

Dia berpendapat aplikasi tersebut sangat berguna untuk meminimalisasi kasus kejahatan maupun pelecehan seksual, yang sering terjadi pada anak-anak sekolah yang menjadi target sasaran kejahatan seksual.

“Paling tidak jika terjadi hal yang tidak diinginkan, ini bisa dilaporkan melalui situs Pandawa Care mereka, yang nge-link ke KPAI, untuk bisa ditindaklanjuti secara cepat,” kata Maria dalam diskusi bertajuk kerentanan anak dari kejahatan seksual melalui internet di Ruang Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu Siang (21/5), seperti dilansir dari situs kpai.go.id.

Lebih lanjut, diaa berharap pihak sekolah secara rutin mengadakan acara sosialisasi yang berkaitan dengan penggunaan internet secara sehat. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap fenomena kejahatan seksual terutama di dunia cyber.

“Bapak ibu guru harus mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini di sekolah. Kegiatan seperti ini sangat baik bagi anak-anak agar tingkat kejahatan seksual bisa diminimalisasi,” katanya.

Beberapa waktu yang lalu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meluncurkan aplikasi berbasis android Pandawa Care. Aplikasi ini dibuat menyusul banyaknya kasus kekerasan dan diskriminasi, terhadap anak yang terjadi di Indonesia.

Ketua KPAI M Asrorun Ni’am Sholeh mengungkapkan tingkat kekerasan dan diskriminasi terhadap anak di Indonesia masih relatif tinggi. Menurut dia perlu bantuan teknologi yang mampu menelusuri para pelaku kekerasan terhadap anak.

“Dengan apliklasi Pandawa Care ini para pengguna dapat melaporkan setiap pelanggaran yang menyangkut kekerasan terhadap anak dan langsung dapat mengontak yang berwajib mulai dari polsek hingga tingkat polda dengan database yang telah disediakan,” katanya.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home