Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:58 WIB | Minggu, 10 Mei 2020

Sekretaris Pers Wapres AS Terinfeksi COVID-19

Katie Miller orang kedua di Gedung Putih yang dites positif virus corona.
Sekretaris Pers Wakil Presiden Amerika Serikat, Katie Miller. (Foto: dok. AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Sekretaris pers Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, terinfeksi virus corona, kata Gedung Putih pada hari Jumat (8/5). Dia menjadi orang kedua yang bekerja di kompleks Gedung Putih yang diketahui positif mengidap virus pada ini.

Presiden AS, Donald Trump, yang secara terbuka mengidentifikasi sekretraris pers Pence yang terkena dampak, mengatakan ia "tidak khawatir" tentang penyebaran virus di Gedung Putih. Meskipun demikian, para pejabat mengatakan mereka meningkatkan protokol keselamatan untuk kompleks tersebut.

Sekretaris Pers Pence, Katie Miller, yang juga dites positif pada hari Jumat, telah melakukan kontak baru-baru ini dengan Pence tetapi tidak dengan presiden. Dia menikah dengan Stephen Miller, seorang penasihat Trump. Gedung Putih tidak segera berkomentar apakah Stephen Miller telah diuji atau apakah dia masih bekerja di Gedung Putih.

Katie Miller telah dites negatif pada hari Kamis, sehari sebelum hasil positifnya. "Inilah sebabnya mengapa seluruh konsep tes tidak selalu bagus," kata Trump. "Tesnya sempurna, tetapi ada sesuatu yang bisa terjadi antara tes di mana hasilnya baik, dan kemudian sesuatu terjadi."

Tes positif untuk ajudan senior Pence datang satu hari setelah pejabat Gedung Putih mengkonfirmasi bahwa seorang anggota militer yang bertindak sebagai salah satu valet Trump telah dinyatakan positif COVID-19.

Meningkatkan Keamanan

Enam orang yang telah melakukan kontak dengan Miller dijadwalkan terbang dengan Pence pada hari Jumat ke Des Moines, Iowa, di Air Force Two. Mereka dikeluarkan dari penerbangan sesaat sebelum lepas landas, menurut seorang pejabat senior administrasi.

Tidak satu pun dari orang-orang itu yang menunjukkan gejala, tetapi diminta untuk turun pesawat agar mereka dapat diuji, "karena sangat hati-hati," kata seorang pejabat senior administrasi kepada wartawan yang bepergian dengan Pence. Keenamnya kemudian dinyatakan negatif, kata Gedung Putih.

Pejabat itu mengatakan staf di Sayap Barat diuji secara teratur, tetapi banyak staf Pence - yang bekerja di sebelahnya di Gedung Kantor Eksekutif, lebih jarang dites. Katie Miller tidak ada di pesawat dan belum dijadwalkan dalam perjalanan.

Pence, yang diuji secara teratur, juga diuji pada hari Jumat. Miller men-tweet bahwa dia "baik-baik saja" dan berharap kembali bekerja.

Kepala staf Gedung Putih, Mark Meadows, mengatakan pemerintah sedang meningkatkan upaya mitigasi yang telah direkomendasikan oleh para ahli kesehatan masyarakat dan mengambil tindakan pencegahan lain untuk memastikan keselamatan presiden.

Meadows mengatakan Gedung Putih adalah "mungkin tempat teraman yang bisa Anda datangi," tetapi dia sedang meninjau langkah-langkah lebih lanjut untuk menjaga Trump dan Pence aman.

Gedung Putih membutuhkan pemeriksaan suhu harian terhadap siapa saja yang memasuki kompleks Gedung Putih dan telah mempraktikkan jarak sosial di antara mereka yang bekerja di gedung. Administrasi juga telah mengarahkan pembersihan mendalam secara teratur ke semua ruang kerja. Siapa pun yang datang dekat dengan presiden dan wakil presiden diuji setiap hari untuk COVID-19.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home