Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Kris Hidayat 17:57 WIB | Jumat, 25 April 2014

Sheela Sharma Melukis Tanpa Tangan

Sheela Sharma Melukis Tanpa Tangan
Sheela Sharma tengah memperagakan melukis dengan kakinya. (Foto: portalkbr.com)
Sheela Sharma Melukis Tanpa Tangan

BHOPAL, SATUHARAPAN.COM – Sheela Sharma perempuan pelukis profesional walaupun tak memiliki kedua tangan dan jemari kaki kanannya. Modal utamanya menjadi pelukis adalah keyakinan dan usaha yang tekun, ia melukis kehidupan alam dan kehidupan perempuan dalam setiap lukisannya.

“Kalau seseorang tidak punya tangan, maka mereka akan menggunakan kaki. Jika mereka juga tidak punya kaki, maka dia akan menggunakan mulutnya untuk berkarya. Yang terpenting adalah Anda punya keyakinan. Saya sangat tertarik dengan lukisan dan gambar... dan di sinilah saya sekarang. Seorang pelukis profesional dan sukses.”

Sheela Sharma kehilangan kedua tangan dan jemari kaki kanan dalam sebuah kecelakaan kereta api, ketika berumur 4 tahun. Dia lalu belajar melukis tanpa tangan. Di dalam ruang pameran di Museum Nasional Manusia Indira Gandhi Bhopal, kini terpampang lebih dari 22 lukisan tergantung di dinding. Semuanya adalah karya Sheela Sharma.

Ia adalah seorang pelukis yang merefleksikan berbagai aspek kehidupan perempuan dan alam dalam lukisan-lukisannya. Tapi ini bukanlah satu-satunya alasan yang membuat pameran ini istimewa. Semua lukisan Sheela dilukis dengan kaki.

“Awalnya saya kesulitan melakukan berbagai hal. Tapi perlahan dan pasti, saya belajar melakukan semua hal sendiri. Berlatih akan membuat Anda bisa mencapai semuanya. Sekarang saya tidak berbeda dengan yang lain.”

Ia pertama kali menggelar pameran di New Delhi pada 1998. Sampai sekarang dia sudah mengadakan 19 pameran lukisan, baik di dalam dan luar negeri. Dia suka melukis alam, anak-anak dan perempuan.

Seorang pembuat film dokumenter, Ashish Sharma yang berusia 33 tahun adalah salah satu penggemar berat lukisan Sheela.

“Dia penuh dengan warna. Saya yakin lukisannya adalah kombinasi warna dan emosi manusia. Dia menggambarkan perempuan dalam bayangan dan warna yang berbeda.”

Sementara itu, seorang programmer komputer Shweta Shrivasta mengaku baru pertama kali mengunjungi pameran lukisan seperti ini. “Saya tidak bisa membayangkan bagaimana bekerja tanpa tangan. Tapi menurut saya lukisannya sangat indah. Saya sangat terkesan dengan karya dan kepribadiannya.”

Sheela sudah pernah menggelar pameran di hampir semua galeri terkemuka di kota-kota utama India. Setelah pameran di Bhopal ini, dia sudah siap berpameran di tempat lain.

“Itu semua tergantung pada latihan. Jika Anda ingin mencapai sesuatu, Anda bisa mencapainya. Meski berada di rumah, jika Anda tidak ingin melakukan apa pun, siapa yang bisa memaksa? Butuh waktu lama bagi saya untuk belajar melukis dengan kaki.” (portalkbr.com)

Editor : Bayu Probo

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home