Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:25 WIB | Jumat, 26 April 2024

Persetujuan Bantuan AS Membuat Ukraina Mampu Menambah Pasukan di Garis Depan

Sebuah tank Ukraina dari Brigade Tank ke-17 menembaki posisi Rusia di Chasiv Yar, lokasi pertempuran sengit dengan pasukan Rusia di wilayah Donetsk, Ukraina, Kamis, 29 Februari 2024. (Foto: dok.AP/Efrem Lukatsky)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Komandan Ukraina, Oleksiy Tarasenko, bulan lalu menyaksikan perubahan yang menakutkan dalam upaya Rusia untuk menembus pertahanan Kiev di kawasan industri yang dikenal sebagai Donbas.

Saat melawan kemajuan Rusia yang gigih di kota garis depan strategis Chasiv Yar, ia memperhatikan bahwa, alih-alih melakukan serangan infanteri ringan seperti biasa, pasukan Moskow malah mengambil risiko berani dengan melancarkan serangan sebesar batalion dan peleton, terkadang hingga 10 kali pertempuran kendaraan.

Anak buahnya menghancurkan hingga 80 tank pada pekan berikutnya, namun hal ini tidak memperlambat musuh. Kepercayaan militer Rusia mencerminkan pengetahuan Kremlin bahwa pasokan amunisi Ukraina semakin berkurang karena Amerika berlama-lama menyetujui bantuan militer lebih lanjut.

Pengesahan paket bantuan senilai US$61 miliar untuk Ukraina yang sangat ditunggu-tunggu oleh Dewan Perwakilan AS (Kongres) pada hari Sabtu menempatkan negara itu selangkah lebih dekat untuk memasukkan senjata baru yang akan digunakan di garis depan untuk melawan serangan terbaru Moskow. Namun waktu terus berjalan, Rusia mengerahkan segenap kekuatannya untuk mencapai kemajuan paling signifikan sejak invasi mereka pada batas waktu 9 Mei, ketika Moskow memperingati Hari Kemenangan Perang Dunia II. Sementara itu, Kiev tidak punya pilihan selain menunggu pengisian kembali.

Melihat adanya peluang, Rusia memanfaatkan momentum di medan perang dan memaksa pasukan Kiev untuk menyerahkan wilayah yang signifikan secara taktis, dari jarak satu meter ke meter lainnya.

Gelombang demi gelombang unit mekanis datang menuju brigade Tarasenko. Terlindung di bawah payung serangan drone dan tembakan artileri, mereka mencapai kaki Chasiv Yar, yang merupakan pintu gerbang ke tulang punggung pertahanan Ukraina di wilayah Donetsk.

“Mereka memusatkan sumber daya yang sangat besar ke arah ini,” kata Tarasenko, wakil komandan Brigade Penyerang Terpisah ke-5. “Hal yang paling sulit adalah menghadapi serangan gencar musuh yang terus-menerus, yang tidak berubah, meskipun musuh kehilangan banyak peralatan militer dan tentara.”

Pentagon mengatakan pihaknya bisa mengirim senjata ke Ukraina dalam beberapa hari jika Senat dan Presiden Joe Biden memberikan persetujuan akhir terhadap paket bantuan tersebut. Namun para ahli dan anggota parlemen Ukraina mengatakan dibutuhkan waktu beberapa pekan agar bantuan tersebut sampai ke pasukan, sehingga memberi Rusia lebih banyak waktu untuk melemahkan pertahanan Ukraina.

Upaya tujuh bulan untuk meloloskan paket tersebut secara efektif membuat Ukraina tersandera oleh politik internal sekutu terbesarnya. Hal ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana perubahan politik Amerika akan mempengaruhi dukungan militer di masa depan.

Mitra-mitra Eropa tidak dapat menandingi volume dan cakupan bantuan Amerika, yang masih menjadi harapan utama Kiev untuk memenangkan perang. Namun dukungan tersebut disertai dengan batasan, termasuk peraturan yang melarang penggunaan senjata yang dipasok Barat untuk melakukan serangan di wilayah Federasi Rusia. Beberapa pejabat Ukraina berpendapat bahwa batasan tersebut menghambat kemampuan mereka untuk melumpuhkan kemampuan musuh yang lebih kuat.

Dengan asumsi bantuan tiba dalam dua bulan ke depan, ada rencana untuk kemungkinan serangan di akhir musim panas. Para analis berpendapat bahwa dukungan di masa depan tidak harus bergantung pada satu pertempuran besar yang menentukan, namun pada strategi berkelanjutan selama bertahun-tahun.

Namun, pertama-tama, Ukraina harus menahan upaya Rusia untuk mematahkan garis pertahanan dan posisi yang sudah mengakar.

Pada bulan lalu, belasan komandan di zona aktif garis depan timur, dari Kupiansk di timur laut hingga Bakhmut di selatan mengatakan tentara mereka telah menjatah peluru dan berjuang untuk mengusir serangan musuh dengan amunisi artileri yang tidak mencukupi.

Mereka juga kekurangan rudal pertahanan udara, tidak hanya untuk sistem Patriot kelas atas yang melindungi kota, tetapi juga untuk sistem udara taktis. Hal ini memberikan peluang bagi pesawat pembom tempur Rusia untuk melemparkan ribuan bom luncur udara yang mematikan ke posisi Ukraina, menghancurkan pertahanan hingga rata dengan tanah, sesuatu yang belum mampu dilakukan oleh angkatan udara Rusia sebelumnya.

Sejak Januari, Kremlin telah merebut 360 kilometer persegi (140 mil persegi) wilayah Ukraina, kira-kira seukuran kota Detroit di Amerika, menurut Institute for the Study of War yang berbasis di Washington.

Para komandan Ukraina mengeluhkan kekurangan amunisi yang parah sejak akhir Desember. Pada bulan Februari, kepala unit artileri di beberapa wilayah mengatakan mereka hanya memiliki kurang dari 10% pasokan yang mereka butuhkan karena Kiev bergegas menghemat peluru.

Persediaan paling dibutuhkan di Chasiv Yar, tempat setelah beberapa pekan pertempuran sengit, Moskow berniat menaklukkan kota tersebut. Panglima Ukraina, Oleksandr Syrski, mengatakan pimpinan militer Rusia memerintahkan tentaranya untuk merebut kota itu pada tanggal 9 Mei, Hari Kemenangan Rusia, hari libur yang menandai kekalahan Nazi Jerman.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Rusia melancarkan serangan drone setiap hari dan bom luncur terhadap pasukan Ukraina yang tidak memiliki cara untuk melakukan serangan balik.

Waktu sudah habis intinya, kata Yurii Fedorenko, komandan batalion Achilles dari brigade ke-92 di wilayah Chasiv Yar. “Mereka menghancurkan posisi kami dengan serangan besar-besaran. Sekarang posisi-posisi tersebut terus-menerus terkena serangan artileri, sehingga mustahil untuk direbut kembali,” katanya.

“Sekarang kami tidak punya apa pun untuk menjawab musuh,” tambahnya.

Fedorenko, yang memimpin orang-orang yang telah mencapai tingkat kelelahan ekstrem, mengakui bahwa Rusia terus mengalami kemajuan. Pada saat wawancara dilakukan, pasukan Rusia hanya berjarak 500 meter (1.640 kaki) dari kota tersebut, katanya.

Para prajurit yang tewas untuk melindungi tanah yang hilang bisa saja selamat jika bantuan AS disetujui lebih awal, katanya.

“Kerugian kami dapat dikurangi seminimal mungkin, dan kami tidak akan kehilangan wilayah yang nantinya harus ditaklukkan kembali.” Rusia mengambil momentum segera setelah menguasai Avdiivka pada bulan Februari. Segera, pasukan Moskow berusaha untuk memperkuat keberhasilan taktis mereka dan mendorong lebih jauh ke kota-kota yang lebih besar dan penting secara strategis – Kostiantynivka, Sloviansk dan Druzkhivka – yang bersama-sama membentuk tembok benteng pertahanan utama Ukraina di wilayah Donetsk.

Kemenangan di Chasiv Yar, yang berpenduduk 12.000 jiwa sebelum perang, akan membawa Rusia selangkah lebih dekat untuk memecahkan barikade tersebut.“Jika Rusia berhasil merebut Chasiv Yar, jarak mereka hanya sekitar lima hingga tujuh kilometer dari jalur paling selatan dalam rantai itu,” kata George Barros, analis di Institute for the Study of War. Jika Rusia berhasil menembus celah antara Kostiantynivka dan Druzhkivka, Rusia akan mampu menyerang sabuk benteng tersebut, katanya.

“Kemudian kita masuk ke wilayah di mana Rusia mungkin memperoleh keuntungan operasional yang sangat besar dan mengikis kemampuan Ukraina untuk mempertahankan wilayah Donetsk lainnya,” katanya.

Suntikan pasokan baru akan memberikan perlindungan bagi pasukan Ukraina dan membantu mereka memukul mundur musuh. Namun Rusia akan terus memiliki keunggulan dalam hal sumber daya manusia dan amunisi. Militer Rusia memiliki kemampuan untuk menghasilkan 20.000 hingga 30.000 sukarelawan baru per bulan, dan mereka memiliki keunggulan artileri sekitar enam berbanding satu.

Hingga saat ini, kenyataan tersebut menghalangi potensi serangan balasan Ukraina.

Pejuang Rusia “tidak merasa bahwa mereka sekarang akan kehilangan beberapa unit kendaraan lapis baja atau unit tentara yang penting sehingga mereka tidak lagi memiliki bala bantuan baru,” kata Tarasenko. “Mereka tidak mengkhawatirkan hal itu. Itu adalah keuntungan mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home