Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:24 WIB | Kamis, 24 September 2020

Studi: Jenis Virus Corona Yang Lebih Menular Ditemukan Mendominasi

Virus corona. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

SATUHARAPAN.COM-Studi yang menganalisis struktur virus corona baru dari dua gelombang infeksi di kota besar menemukan bahwa jenis yang lebih menular mendominasi sampel baru-baru ini, kata para peneliti dari Houston Methodist Hospital, hari Rabu (23/9).

Mereka memeriksa lebih dari 5.000 genom dari virus yang ditemukan pada fase paling awal pandemi di Houston, Amerika Serikat, kota dengan tujuh juta etnis yang beragam, dan dari gelombang infeksi yang lebih baru.

Studi, yang belum ditinjau oleh para ahli dari luar, menemukan bahwa hampir semua strain pada gelombang kedua mengalami mutasi, yang dikenal sebagai D614G, yang telah terbukti meningkatkan jumlah “lonjakan” pada virus berbentuk mahkota.

Lonjakan inilah yang memungkinkan virus untuk mengikat dan menginfeksi sel, meningkatkan kemampuan virus yang bermutasi untuk menginfeksi sel.

Para peneliti Houston mengatakan pasien yang terinfeksi jenis varian ini memiliki jumlah virus yang lebih tinggi secara signifikan pada diagnosis awal.

Tetapi mereka menemukan sedikit bukti bahwa mutasi pada virus telah membuatnya lebih mematikan, mencatat bahwa keparahan COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus, lebih terkait erat dengan kondisi medis dan genetika yang mendasari pasien.

Mereka juga mengatakan beberapa bagian protein lonjakan, target utama vaksin virus corona yang sekarang dalam pengembangan, menunjukkan beberapa mutasi, kemungkinan mengindikasikan bahwa virus berubah untuk menghindari respons kekebalan tubuh.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa virus corona bermutasi dan berkembang saat beradaptasi dengan inang manusianya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home