Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 17:21 WIB | Kamis, 30 Januari 2014

Swalayan Jepang Tarik Menu Foie Gras dari Penjualan

Menu Foie Gras. (Foto: dari commons.wikipedia.org)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Waralaba toko swalayan di Jepang menarik peluncuran paket makan siang dengan menu foie gras setelah muncul keluhan pelanggan mengenai kesejahteraan hewan, kata juru bicara perusahaan, Kamis (30/1).

FamilyMart sebelumnya berencana mulai menjual paket makang siang dengan menu potongan daging dan adonan foie gras seharga 690 yen (sekitar Rp 81.937). Mereka kemudian menangguhkan rencana tersebut setelah lebih dari 20 orang menyampaikan kekhawatiran atas cara makanan tradisional Prancis itu dibuat.

Aktivis hak hewan menolak foie gras karena pembuatannya melibatkan cara memberi makan unggas secara paksa untuk memperbesar hati mereka, sebuah proses yang menurut para aktivis menyakiti hewan-hewan tersebut.

Kami mengerti foie gras adalah jenis makanan yang sudah umum di Jepang, kata juru bicara FamilyMart. Namun, peluncurannya dibatalkan setelah secara hati-hati mempertimbangkan beberapa pendapat dari para pelanggan, beberapa pandangan di luar negeri mengenai foie gras, dan proses pembuatannya.

Dia menambahkan, “Kami tidak bermaksud membuat siapa pun merasa tidak nyaman.”

Waralaba yang memiliki sekitar 10.000 toko di seluruh Jepang itu menerima 22 keluhan sejak mereka mengumumkan paket makan siang tersebut pada 10 Januari, katanya. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home