Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:00 WIB | Kamis, 23 Februari 2017

Trump Akan Umumkan Anggaran Pemerintah AS

Presiden AS Donald Trump berpidato di pabrik Boeing di North Charleston, South Carolina pada 17 Februari 2017. (Foto: AFP/Nicholas Kamm)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, pada pertengahan Maret akan mengumumkan anggaran pemerintah pertamanya, pernyataan penting dari prioritasnya untuk beberapa tahun mendatang, ungkap Gedung Putih hari Rabu (22/2).

Anggaran tahunan federal yang mencapai hampir empat triliun dolar Amerika (sekitar Rp 53,5 kuadriliun) merupakan deklarasi niat yang menetapkan sasaran kebijakan sang presiden secara formal.

“Kami akan mengumumkan sesuatu pada pertengahan Maret,” kata juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer.

Trump berkonsultasi dengan sejumlah penasihat anggaran pada hari Rabu pagi untuk menyelesaikan proposal tersebut.

Dalam pertemuan itu, Trump kembali mengungkapkan retorika kampanyenya mengenai negosiasi ulang beberapa kontrak federal.

“Keuangan negara ini sudah kacau tetapi kita akan mengatasinya,” katanya.

Trump memiliki banyak janji kampanye yang harus dipenuhi, tetapi menghadapi beban utang nasional yang mencapai 20 triliun dolar Amerika (sekitar Rp 267,5 kuadriliun) dan defisit 3,1 persen dari produk domestik bruto.

Janji Trump - mulai dari pembangunan dinding di perbatasan Meksiko sampai deportasi imigran tak berdokumen - dapat menghabiskan anggaran sekitar 5,3 triliun dolar Amerika (sekitar Rp 70,9 kuadriliun). (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home