Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 21:02 WIB | Sabtu, 16 Mei 2015

UEFA Ancam Jatuhkan Sanksi Salah Satu Finalis Liga Europa

Ilustrasi: Para pemain Dnipro Dnipropetrovsk dalam sebuah pertandingan Liga Europa. (Foto: uefa.com).

KIEV, SATUHARAPAN.COM – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengancam akan menjatuhkan sanksi ke klub sepak bola Ukraina yang  memastikan diri masuk Final Liga Europa 2014-2015, Dnipro Dnipropetrovsk.

Seperti tertuang bbc.com, Jumat (15/5) UEFA dalam pernyataan resmi menyesalkan ulah para pendukung Dnipro yang masuk ke Stadion Olimpiade, Kiev beberapa saat selesai pertandingan Dnipro  mengalahkan Napoli dengan skor 1-0 dan secara agregat tim dengan seragam serba biru tersebut unggul 2-1 atas wakil Italia tersebut dan akan melawan Sevilla pada Kamis (28/5) dini hari WIB di Stadion Narodowy, Warsawa, Polandia.

UEFA mengancam akan memberi sanksi dengan mendasari fakta  di lapangan yang memperlihatkan tindakan sekelompok suporter yang melemparkan kembang api, membuat kerumunan yang mengganggu, masuk ke lapangan, dan membentangkan spanduk bertuliskan kalimat dengan nada rasis.

Otoritas sepak bola tertinggi di Eropa itu juga menyoroti tentang pengorganisasian jalannya pertandingan di mana mereka mendapatkan laporan telah terjadi pemblokiran sebagian anak tangga. Kasus ini akan diputuskan oleh Komisi Disiplin UEFA pada 21 Mei mendatang.

Dnipro mencapai final untuk pertama kalinya dalam sejarah klub ketika sundulan kepala Yevhen Seleznyov menjebol gawang tim Serie A Italia pada leg kedua dan mengakhiri pertandingan dengan skor tipis 1-0, sehingga Dnipro lolos dengan kemenangan agregat 2-1.

Perjalanan Dnipro Dnipropetrovsk ke Final

Dnipro masuk ke partai puncak bukan dengan jalan yang mudah, karena tim dari kota Dnipropetrovsk, Ukraina tersebut  menyingkirkan sejumlah klub-klub “langganan” ajang kompetisi sepak bola Eropa itu.

Saat tergabung di Penyisihan Grup F  bersama Inter Milan (Italia) , Qarabag FK (Azerbaijan) , dan Saint Etienne (Prancis). Di luar dugaan, Dnipro mampu berada di peringkat kedua grup, dan lolos ke 32 besar menemani salah satu klub raksasa Italia, Inter Milan. Di perdelapan final, Dnipro menyingkirkan raksasa Yunani, Olympiakos dengan keunggulan agregat 4-2. Kemudian di babak 16 besar, Dnipro mengalahkan raksasa Belanda, Ajax Amsterdam dengan agregat keunggulan gol tandang.

Di babak perempat final, Dnipro menyingkirkan wakil Belgia, Club Brugge dengan agregat 1-0, sebelum di semi final menundukkan Napoli dengan agregat 2-1, akibatnya Dnipro akan tampil di babak final di Warsawa menghadapi Sevilla.  (bbc.com/uefa.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home