Loading...
MEDIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:01 WIB | Minggu, 26 April 2015

WikiDPR, Penghubung Rakyat dengan Wakil

WikiDPR

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  WikiDPR sebuah organisasi yang lahir pada tahun 2014 dengan cita-cita menjadi penghubung masyarakat dengan para ‘wakil rakyat’ di Gedung Parlemen Senayan.

Demikian disampaikan Michael Hatherell, staf pengajar bahasa, politik, dan hubungan internasional di Universitas Deakin, Geelong, Australia, dalam siaran pers yang diterima satuharapan.com, di Jakarta, Rabu (22/4).

Menurut dia, WikiDPR memiliki mandat jelas, memantau seluruh kegiatan Anggota DPR sebagai legislator. Sebab, WikiDPR lahir dari kesadaran masih terbatasnya akses informasi masyarakat  untuk mengetahui kinerja Anggota DPR, sulitnya mendapatkan data untuk mengenal lebih jauh wakil yang dipilih.

“Banyaknya berita-berita negatif tentang wakil rakyat yang menutup ruang bagi para wakil rakyat dengan track record baik untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, turut mendorong organisasi ini lahir,” ujar Michael.

Dia melanjutkan, WikiDPR mengoperasikan situs wikidpr.org, di sana pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang berbagai aktivitas Anggota DPR, mulai dari daerah pemilihan hingga komisi tempat ‘wakil rakyat’ itu mengabdikan diri.

“Namun, unsur paling menarik dan dinamis aktivitas WikiDPR ada di media sosial, di mana pada akun Twitter-nya, @WikiDPR, pengunjung bisa mendapatkan update dan liputan langsung dari kegiatan yang tengah berlangsung di Gedung Parlemen Senayan dengan detail, bahkan jauh dari melebihi situs-situs penyedia layanan serupa lainnya,” kata sosok yang pernah meneliti perwakilan politik dan partai politik di Indonesia tersebut.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home