Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 23:37 WIB | Minggu, 22 Desember 2013

1000 Balon: Liburan Yang Jadi Kisah Petualangan

1000 Balon: Liburan Yang Jadi Kisah Petualangan
Poster film 1000 Balon.
1000 Balon: Liburan Yang Jadi Kisah Petualangan
Tokoh Dita, Resti, Melodi, Junot, dan Alvin dalam film 1000 Balon.

SATUHARAPAN.COM – Film ‘1000 Balon’ mengisahkan lima sahabat dengan karakter dan semangat yang berbeda-beda. Mereka adalah Resti, Alvin, Junot, Melodi, dan Dita. Pada saat liburan tiba, mereka berencana berlibur bersama keluarga Junot. Tetapi liburan itu berubah menjadi kisah petualangan.

Resti dijuluki ‘si detektif’ karena hobi membaca komik detektif dan suka memecahkan masalah. Alvin ‘si gadget freak’ yang bercita-cita menjadi sutradara film terkenal. Junot adalah anak betawi kaya raya yang bercita-cita menjadi penyanyi hip-hop. Melodi dan Dita adalah anak kembar dengan sifat bertolak belakang. Melodi hobi dandan dan bercita-cita menjadi fashion designer, sementara Dita sangat cuek, tetapi memiliki jiwa kepemimpinan tinggi dan menyukai olahraga bela diri.

Di kantin sekolah, kelima sahabat ini merencanakan liburan mereka di villa milik Junot. Saat liburan  di villa milik Junot, Resti merasa sedih karena terbayang-bayang rencana perceraian orangtuanya. Dia berangkat liburan ketika orang tuanya sibuk dengan urusan masing-masing dan tidak ada di rumah. Resti membawa balon permohonan, permainan yang biasanya dimainkan bersama ayah dan ibunya. Resti menceritakan itu ke Dita di villa.

Saat makan malam, Alvin bercerita tentang misteri harta karun yang tersembunyi di hutan di dekat vila Junot. Di saat makan malam itu, ayah Junot datang ke villa. Resti menyaksikan kedekatan Junot dengan ayahnya. Hal ini menambah rasa sedih Resti atas kondisi keluarganya. Dia pun memilih kabur ke hutan.

Keesokan harinya, teman-teman Resti menyadari hilangnya Resti dan mulai melakukan pencarian. Pencarian ini pun berubah menjadi petualangan memburu harta karun ketika Resti menemukan kotak berisi kode rahasia. Keberadaan dua penjahat di tengah hutan membuat petualangan Resti dan teman-temannya semakin menegangkan. Sementara orang tua Junot khawatir dengan hilangnya anak-anak sampai akhirnya orang tua lain pun harus dihubungi bahwa anak-anak telah hilang.

Anak-anak pada akhirnya berhasil ditemukan lewat balon permohonan Resti. Orang tua Resti tahu keberadaan anak-anak lewat pesan balon permohonan itu. Keberadaan dua penjahat di tengah hutan pun terungkap.

Film ‘1000 Balon’ merupakan film dari anak, oleh anak, untuk anak. Disebut demikian karena ini adalah film anak pertama buatan anak. Film karya anak Indonesia ini pun sudah memperoleh pengakuan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Para pemeran dalam ‘1000 Balon’ antara lain Shafa Azahra Siregar sebagai Resti,  Baharudin Ihsan Wibisana sebagai Junot, Nasution sebagai Alvin, Aisyah Aqilah sebagai Dhita, dan Veadora sebagai Melodi.

Sejumlah artis pendukung dalam ‘1000 Balon’ antara lain Lembu dari Club80’s, Denny Sumargo, Joko Anwar, dan Richard Oh.

 

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home