Loading...
DUNIA
Penulis: Ignatius Dwiana 00:40 WIB | Jumat, 04 Oktober 2013

2 Oktober: Hari Internasional Anti Kekerasan

2 Oktober: Hari Internasional Anti Kekerasan
Patung karya Karl Fredrik Reutersward berjudul Anti Kekerasan. Patung ini dipamerkan di luar gedung Markas Besar PBB di New York. (Foto Dokumentasi PBB)
2 Oktober: Hari Internasional Anti Kekerasan
Pemimpin gerakan kemerdekaan India anti kekerasan Mahatma Gandhi. (Foto jamesaltucher.com)

SATUHARAPAN.COM - Hari Internasional Anti Kekerasan diperingati pada tanggal 2 Oktober. Peringatan ini mengambil dari hari kelahiran Mahatma Gandhi. Dia adalah pemimpin gerakan kemerdekaan India yang berjuang dengan tidak menggunakan kekerasan.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 15 Juni 2007 mengeluarkan resolusi A/RES/61/271. Resolusi ini menetapkan peringatan hari internasional itu kesempatan menyebarluaskan pesan anti kekerasan, termasuk melalui pendidikan dan kesadaran publik. Resolusi tersebut menegaskan kembali relevansi prinsip universal anti kekerasan dan hasrat untuk menjamin budaya damai, toleransi, saling pengertian dan anti kekerasan.

Resolusi yang diperkenalkan di Majelis Umum PBB ini kini diadopsi 192 badan anggota. Menteri Luar Negeri India Anand Sharma mengatakan bahwa ide ini berasal dari refleksi penghormatan universal untuk Mahatma Gandhi dan relevansi abadi filsafatnya.

Mengutip kata-kata Mahatma Gandhi: “Anti kekerasan adalah kekuatan terbesar yang tersedia untuk umat manusia. Itu lebih kuat dari senjata penghancur terkuat yang dibuat dengan kecerdasan manusia."

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home