Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:24 WIB | Senin, 11 Januari 2016

2 Tewas, Ratusan Terluka dalam Arak-arakan Patung Yesus di Filipina

Umat Katolik yang bertelanjang kaki berkumpul di sekitar arak-arakan yang membawa salib dengan patung Yesus Kristus berwarna hitam atau Black Nazarene di Quiapo, pusat kota Manila, Filipina, Sabtu (9/1/2011). (Foto: bbc.com)

MANILA, SATUHARAPAN.COM – “Dua orang tewas dan ratusan lainnya, terluka dalam sebuah festival besar keagamaan di Filipina, ketika massa yang bertelanjang kaki berusaha menyentuh sebuah patung Yesus yang dipercaya memiliki kekuatan penyembuh,” kata pihak berwenang pada Minggu (10/1).

Lebih dari satu juta orang mengikuti Black Nazarene pada Sabtu (9/1), salah satu festival keagamaan terbesar di dunia, untuk melihat patung yang diparadekan di jalanan Manila.

Dengan mempertaruhkan nyawa dan hidup mereka, para wanita dan pria yang tidak mengenakan alas kaki tersebut, meneriakkan Viva sambil berlari berdesakan menyentuh patung tersebut, yang tengah diarak menuju ibu kota.

Bapa Douglas Badong, pemimpin gereja Manila tempat patung itu disimpan, mengatakan, salah satu penjual kaki lima yang ikut dalam festival tersebut mengalami serangan jantung hingga tewas.

“Karena banyak orang (dan) panas, tubuhnya tidak bisa menahannya,” katanya kepada AFP.

“Pria lainnya yang berusia 27 tahun, dan dilaporkan menderita sakit liver, meninggal setelah membantu menarik patung itu,” Badong.

Polisi mengatakan, pada perayaan puncak ada sekitar 1,5 juta orang berpartisipasi dalam parade sejauh tujuh kilometer menuju tempat patung tersebut di gereja Quiapo.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Palang Merah Filipina Gwendolyn Pang mengatakan, mereka menangani hampir 1.600 orang yang terluka dalam festival tersebut.

Sekitar 55 di antaranya tergolong kasus-kasus besar, seperti patah tulang yang disebabkan benturan keras atau stroke yang disebabkan oleh stres, lebih dari dua kali lipatnya dari jumlah tahun lalu.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home