Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 15:32 WIB | Senin, 05 Januari 2015

5 Rekor Dunia Terkait Kegiatan Keagamaan

5 Rekor Dunia Terkait Kegiatan Keagamaan
Adegan Natal yang menampilkan 1.039 figur hidup di Provo, Utah. (Foto: dari hereldextra.com)
5 Rekor Dunia Terkait Kegiatan Keagamaan
Rekor dunia untuk jumlah orang yang menghadiri makan malam seadanya di Gereja Kristen Chandler, Arizona. (Foto: dari chandlerscc.org)

SATUHARAPAN.COM – Meskipun tahun 2014 mencatat keprihatinan mendalam dalam kehidupan keagamaan, setidaknya ada lima pemecahan rekor dunia yang dicatat di Guinness World Record dilakukan oleh lembaga keagamaan.

Tahun 2014 di berbagai wilayah di dunia diwarnai oleh kekerasan dan ekstremisme yang berlatar belakang agama, bahkan dengan korban meninggal yang sangat banyak. Berikut ini adalah peristiwa pemecahan rekor selama tahun 2014 oleh komunitas keagamaan seperti dilaporkan situs Religion News Services.

1. Figur Hidup Terbanyak dalam Sebuah Adegan Natal

Lebih dari 1.000 figur hidup yang menampilkan karakter malaikat, gembala dan jamaat, termasuk unta, keledai, domba dan bayi mungil Yesus ditampilkan dalam adegan Natal di Provo, Utah, dan memecahkan rekor untuk jumlah figur hidup yang paling banyak dalam sebuah adegan Natal.

Adegan itu menampilkan 1.039 figur hidup dan mengalahkan rekor sebelumnya yang menampilkan 898 figur di Inggris pada tahun 2013.

2. Paduan Suara Terbesar

Guinness World Records menetapkan rekorbaru ketika Iglesia ni Cristo (Gereja Kristus) sebagai penyelenggara perayaan seratus tahun gereja itu pada tanggal 27 Juli 2014 di Filipine. Mereka menampilkan paduan suara terbesar yang menggabungkannya dengan teater dalam ruangan. Diperlukan 4.745 peserta untuk menyanyikan himne bersama dengan apik, pada satu bagian di stadion dengan 55.000 kursi untuk memecahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan pada bulan Februari 2014 di New Jersey oleh paduan suara atlet.

3. Membaca dengan Bersuara Keras Bersamaan

Diperlukan mengumpulkan lebih dari 47.000 untuk memecahkan rekor tentang membaca dengan suara keras secara bersamaan (pada satu lokasi). Rekor ini terjadi di Kuil Vadakkunnathan di Thrissur, India, pada bulan Februari tahun 2014. Acara diselenggarakan oleh Art of Living Foundation. Peserta membaca bersama-sama sebuah puisi renungan Hindu yang disebut "Jnanappana" oleh pemuja Krishna yang terkenal, Poonthanam.

4. Altar Perayaan Terbesar untuk Menghormati Orang Yang Meningal

Perayaan tradisional dan hari libur di Meksiko untuk kematian yang melibatkan membangun altar di pemakaman untuk menghormati orang-orang tercinta yang telah meninggal. Oktober ini, sebuah altar dibuat di Fiesta Cala de Veras di Mexico City dengan diukur 558 meter persegi, yang  pertama dalam Guinness World Record untuk altar terbesar hari raya untuk orang yang meninggal.

5. Pesta Seadanya Terbesar

Pesta terbesar dengan menu seadanya yang diselenggarakan setiap tahun sebagai acara makan malam dengan hidangan oleh bibi Helen di Gereja Kristen Chandler, Arizona, Amerika Serikat, diadakan pada 6 April 2014. Sekitar 1.275 orang menghadiri acara tersebut dan memecahkan rekor sebelumnya yang dihadiri 860.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home